tempat wisata di lampung
list

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Facebook
Twitter
WhatsApp

Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatra ini menyimpan sejumlah tempat wisata menakjubkan yang tak boleh dilewatkan. Tempat wisata di lampung sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Lampung hanya untuk menikmati keindahan pantai maupun tempat wisata lainnya.

10 Destinasi Liburan di Lampung

Dengan keindahan alam, keberagaman budaya, dan pesona tempat-tempat menarik, Lampung menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah ulasan mengenai 10 rekomendasi tempat wisata di Lampung yang wajib dikunjungi di tahun 2024.

1. Kampoeng Vietnam Lampung

kampoeng vietnam tempat wisata di lampung

Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di Lampung adalah Kampoeng Vietnam. Terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro No.89, Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Kampoeng Vietnam menawarkan spot foto menarik dan wahana seru. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB, dengan harga masuk senilai Rp 10.000 per orang. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari aula, toilet, musala, hingga tempat live musik dan karaoke. Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana, seperti sepeda gantung dan paralayang.

2. Pantai Kedu, Kalianda

pantai kedu tempat wisata di lampung

Jika Anda bosan dengan pantai yang konvensional, Pantai Kedu di Kalianda menawarkan pengalaman baru dengan menyaksikan panorama pantai dari udara menggunakan paramotor. Terletak di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Pantai Kedu buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Sensasi hembusan angin, debur ombak, dan bentang pasir pantai dapat dinikmati dalam pengalaman ini.

3. Bukit Aslan, Bandar Lampung

Bukit Aslan menawarkan pemandangan Kota Bandar Lampung dari ketinggian sambil menikmati suasana senja yang menenangkan. Dibuka sejak 5 Agustus 2022, bukit ini terletak di Jl. Bukit Aslan No.2, Way Gubak, Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Dengan akses yang mudah, pengunjung dapat menikmati pesona alam Bandar Lampung dan melihat Teluk Lampung di sisi selatan yang memukau. Di sekitar Bukit Aslan, terdapat perkebunan jati yang rimbun, menciptakan suasana yang mempesona.

4. Pulau Pahawang

Destinasi tempat wisata di Lampung yang memikat hati wisatawan dengan keindahan laut biru dan pasir putihnya. Pulau ini bernama Pahawang yang terkenal dengan terumbu karangnya, serta spot snorkeling terbaik di Taman Nemo. Pulau Pahawang terbagi menjadi Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil, masing-masing dengan daya tarik uniknya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, aktivitas snorkeling, dan merasakan suasana damai di Pulau Pahawang.

5. Sanggar Beach

Pantai Sanggar Beach, dengan lahan seluas 2 hektare, menawarkan konsep pantai tropis yang memikat. Terletak di lokasi yang strategis, Pantai Sanggar Beach menyajikan fasilitas seperti kafe, panggung musik, gazebo, tempat santai gratis, ATV, spot foto, dan playland. Kafe Sanggar dan Kafe Satu Kosong adalah dua kafe yang tersedia dengan desain yang menarik. Dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan keindahan pantai.

6. Puncak Mas

Puncak Mas merupakan kawasan wisata di perbukitan dengan gardu pandang yang menawarkan pemandangan Kota Bandar Lampung. Terletak di Jalan H. Hamim RJP, Sukadanaham, Kota Bandar Lampung, Puncak Mas dapat diakses dengan mudah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, hawa sejuk, dan pepohonan pinus yang memberikan nuansa sejuk. Spot ini cocok untuk berfoto ria dan menikmati ketenangan di tengah alam.

7. Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas Lampung terletak di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dengan luas lahan 113 hektar, Pulau Tegal Mas menawarkan panorama alam yang menakjubkan dan berbagai aktivitas air. Pulau ini telah menjadi destinasi liburan populer di Lampung, menarik perhatian tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Banyak yang menyebut Pulau Tegal Mas Lampung memiliki keindahan yang setara dengan Maldives.

Selain menawarkan keindahan alam, Pulau Tegal Mas Lampung juga menyediakan fasilitas penginapan seperti cottage dan villa. Bangunan-bangunan ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung, dengan beberapa di antaranya terapung di atas laut. Pulau Tegal Mas juga memiliki masjid terapung yang menambah daya tarik wisata religi. Harga tiket masuk ke area resort berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000, sementara harga sewa villa atau cottage bervariasi mulai dari Rp 1.750.000 hingga Rp 5.000.000 untuk 3 hingga 10 orang.

Perjalanan menuju Pulau Tegal Mas dapat dimulai dari Pantai Sari Ringgung. Dari sana, pengunjung dapat menyeberang menggunakan perahu sewaan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

8. Bendungan Margo Tirto, Gisting

Bendungan Margo Tirto, yang terletak di Gisting, Tanggamus, tidak hanya menjadi destinasi objek wisata tetapi juga memberikan pengalaman yang jarang dijumpai di tempat lain. Awalnya merupakan benteng pertahanan Belanda, dam ini menjadi objek wisata sejak tahun 1972.

Dengan rute perjalanan melalui Bandar Lampung – Gedong Tataan – Pringsweu – Gisting – Kampung Wisata Dam Margo Tirto, pengunjung dapat menikmati keunikan dam yang kini telah dipercantik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 5.000. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana, seperti sepeda air dengan tarif sewa sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per putaran. Selain itu, kolam renang dengan tiket masuk Rp 3.000, kantin, pondokan, toilet, dan tempat parkir luas juga tersedia.

Keistimewaan Dam Margo Tirto terletak pada integrasinya dengan pemukiman masyarakat, tanpa adanya pagar pembatas. Hal ini memberikan suasana yang unik dan menyatu dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar dam.

9. Danau Suoh Lampung Barat

Provinsi Lampung menyimpan destinasi tersembunyi yang perlu dijelajahi, salah satunya adalah Danau Suoh di Kabupaten Lampung Barat. Terdapat 4 danau di Suoh, yaitu Danau Lebar, Danau Asam, Danau Belibis, dan Danau Minyak.

Danau Lebar menawarkan pemandangan air biru yang memantulkan langit cerah, dikelilingi oleh padang sabana yang indah. Untuk berpindah dari Danau Lebar ke danau lainnya, pengunjung dapat berjalan kaki melalui padang sabana. Setiap danau memiliki karakteristiknya sendiri, seperti Danau Minyak yang terkesan seolah memiliki lapisan minyak di permukaannya.

Di Danau Minyak, terdapat jembatan khusus untuk berfoto dan dataran tinggi untuk melihat pemandangan danau. Danau Asam memiliki air yang terasa asam dengan pH kurang dari 7, sementara Danau Belibis sering dijadikan jalur migrasi bagi burung Belibis.

Akses ke Danau Suoh telah menjadi lebih mudah, terutama melalui Batubrak. Disarankan mengunjungi pada musim kemarau untuk menikmati panorama yang penuh warna. Meskipun belum terdapat penginapan di Danau Suoh, pengunjung dapat mencari penginapan di sekitar Kota Liwa.

10. Camping Ground Bukit Cendana

Bukit Cendana, atau Bumi Perkemahan Harapan Jaya, merupakan tempat camping yang terletak di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran. Dengan akses sekitar 2 jam perjalanan dari Bandar Lampung, Bukit Cendana menawarkan pengalaman camping yang asri dengan view laut dan nuansa di atas awan.

Biaya masuk ke Bukit Cendana cukup terjangkau, sekitar Rp 20.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Bagi yang membawa tenda sendiri, biaya kebersihan sebesar Rp 20.000 dikenakan, sementara penyewaan tenda lengkap dengan satu matras tersedia dengan biaya Rp 60.000 per malam.

Bukit Cendana juga menyediakan kayu untuk api unggun dengan harga Rp 15.000 per ikat. Pengunjung dapat menikmati suasana pegunungan Pesawaran yang asri dan melakukan berbagai aktivitas camping di lokasi ini.

3 thoughts on “10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved