logo pembaruan
list

Rekomendasi Kuliner Khas Lampung yang Wajib Kamu Coba

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

Lampung terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang beragam. Lampung, provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera, bagaikan permata tersembunyi yang menawarkan pesona alam dan budaya yang memikat. Dihiasi dengan garis pantai yang indah, pegunungan yang menawan, dan kekayaan budaya yang beragam, Lampung menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Selain wisata alamnya yang indah, Lampung juga memiliki banyak kuliner khas yang lezat dan patut dicoba.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner enak di Lampung:

1. Seruit

Gambar Seruit, Lampung

Seruit adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan bakar yang dihaluskan dan dicampur dengan sambal, tempoyak (durian fermentasi), dan berbagai rempah-rempah. Seruit biasanya disajikan dengan lalapan, seperti mentimun, kemangi, dan daun singkong.

2. Gulai Taboh

Gambar Gulai Taboh, Lampung

Gulai Taboh adalah hidangan berkuah kuning yang terbuat dari ikan patin, nangka muda, dan berbagai bumbu rempah. Gulai Taboh memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan biasanya disajikan dengan nasi putih.

3. Pempek Lampung

Gambar Pempek Lampung

Pempek Lampung adalah makanan khas Palembang yang juga populer di Lampung, tidak kalah enak dari pempek Palembang Pempek Lampung terbuat dari tepung sagu dan ikan tenggiri, dan biasanya digoreng atau direbus. Pempek Lampung disajikan dengan cuko, yaitu saus yang terbuat dari gula merah, cabai, dan cuka.

4. Engkak

Gambar Engkak, Lampung

Engkak adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari telur bebek yang diasinkan dan dibungkus dengan daun pisang. Engkak memiliki rasa yang gurih dan asin, dan biasanya disajikan saat hari spesial masyarakat Lampung.

5. Pisang Lampung

Gambar Pisang Lampung

Lampung terkenal dengan pisang cavendishnya yang manis dan legit. Pisang Lampung biasanya dinikmati langsung atau diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti pisang goreng, pisang bakar, dan es pisang hijau.

6. Keripik Pisang Lampung

Gambar Keripik Pisang Lampung

Keripik pisang Lampung adalah camilan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis dan digoreng. Keripik pisang Lampung memiliki rasa yang gurih dan renyah, dan biasanya dinikmati sebagai camilan atau untuk oleh-oleh saat anda berkunjung ke Lampung.

7. Kemplang

Gambar Kemplang, Lampung

Kemplang Lampung terbuat dari ikan segar, kemplang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dibentuk bulat pipih, kemudian dijemur dan dipanggang. Kemplang memiliki rasa yang gurih dan renyah, dan biasanya dinikmati sebagai camilan atau lauk makan.

8. Kopi Lampung

Gambar Kopi Lampung

Lampung terkenal dengan kopi Robusta-nya yang memiliki rasa yang kuat dan pahit. Kopi Lampung biasanya dinikmati hitam atau dengan gula dan susu.

9. Gula Aren Lampung

Gambar Gula Aren Lampung

Lampung terkenal dengan gula arennya yang memiliki rasa yang manis dan khas. Gula aren Lampung biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman, seperti kue, kopi, dan teh.

Semoga rekomendasi ini membantu Anda untuk menemukan kuliner enak di Lampung!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved