wisata lampung gunung batu
list

Kunjungi Gunung Batu, Prof Lusi Dorong Pengembangan Wisata

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., mengunjungi wisata Gunung Batu dan pengrajin batu akik asli di Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, pada Kamis, 1 Februari 2024. Kunjungan ini dilakukan setelah pembukaan program sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lokasi tersebut.

Prof. Lusmeilia menyampaikan bahwa Tanjung Bintang memiliki potensi besar dalam menghasilkan pendapatan asli daerah melalui pengelolaan wisata. Ia berharap agar pengelolaan wisata di lokasi tersebut dapat dioptimalkan, terutama di tengah pesatnya penggunaan media sosial saat ini.

“Pengelolaan wisata di Tanjung Bintang memiliki potensi besar, terutama dengan pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi. Saya berharap agar pengembangan ini dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah,” ujar Prof. Lusmeilia.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unila juga menyampaikan bahwa universitas memiliki berbagai penelitian dan program pengabdian masyarakat yang dapat bekerja sama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) di wilayah tersebut. Hal ini diharapkan dapat memaksimalkan pengelolaan wisata dan mendukung pemberdayaan masyarakat setempat.

Nurkholi Fatmawati, Kepala Desa Srikaton, menjelaskan bahwa dana untuk pengelolaan tempat wisata di lampung, khususnya Gunung Batu, sebagian berasal dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan pemasukan biaya masuk pengunjung. Namun, ia juga mengungkapkan adanya penurunan signifikan dalam jumlah kunjungan pasca-COVID-19.

“Dampak dari penurunan kunjungan adalah kurang terjaga dan terawatnya berbagai sarana penunjang wisata di sekitaran taman wisata Gunung Batu,” kata Nurkholi.

Ia berharap pemerintah dapat kembali memantau dan memberikan dukungan kepada masyarakat setempat untuk merawat taman wisata. Melalui peran pemerintah, diharapkan dapat kembali menggeliatkan kunjungan wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat secara optimal.

Kunjungan Prof. Lusmeilia Afriani ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama antara Universitas Lampung dan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat di Tanjung Bintang. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved