list

Versi Hitung Cepat PKB Pecah Telor di Dapil Kota, Boyong 2 Kursi

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Spektakuler. Tak pernah meraih kursi DPRD Provinsi melalui Dapil Kota Bandarlampung sejak didirikan. Ahirnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung mampu memboyong dua kursi.

Hal tersebut berdasarkan hasil hitung cepat Pemilu 2024 dari Lembaga Rakata untuk DPRD Lampung di daerah pemilihan (Dapil) I Kota Bandarlampung yang data masuk telah mencapai 100 persen, Kamis (15/02/2024) pukul 13.00 WIB.

Dari data yang masuk tersebut, PKB menempati urutan ke 2 setelah Gerindra dengan presentase suara mencapai 16,17 persen, disusul Partai Nasdem dan PDIP.

Dari pengamatan pembaruan.id, ada empat nama Caleg PKB yang masuk nominasi 11 besar, yakni Najiulloh, Taufik Rahman, Syahril dan dr Zam Zanariah.

Dari hasil tersebut, PKB diprediksi mendapatkan dua kursi di DPRD Lampung dari Dapil I Bandarlampung.

Disusul Gerindra dan Nasdem yang juga diprediski dapat dua kursi. Sementara partai lainnya masing-masing mendapatkan satu kursi yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS dan PAN.

Di Dapil VIII Lamtim, PKB dan Gerindra Masing-Masing 2 Kursi

Sementara hasil hitung cepat untuk suara Caleg di Rakata di DPRD Lampung Dapil VIII Lampung Timur, adik mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yakni Sasa Chalim meraih suara terbanyak di Dapil VIII.

Dalam hitung cepat Rakata, Sasa Chalim yang maju di PKB itu mendapatkan perolehan presentase suara 6,40 persen, disusul Caleg Partai Gerindra Ahmad Giri Akbar 5,79 persen di posisi kedua.

Selanjutnya posisi ketiga suara Caleg terbanyak ditempati Caleg Partai Demokrat M. Kadafi Azwar 5,54 persen, posisi keempat Caleg Partai Golkar Adhitia Pratama 5,47 persen, dan posisi kelima Caleg PDIP Ferliska Ramadita Johan.

Lalu posisi keenam ditempati Caleg PKB Noverisman Subing 3,20 persen, posisi ketujuh Caleg PKB Binti Amanah 2,73 persen, posisi ke delapan Caleg Partai Nasdem Garinca Reza Pahlevi 2,52 persen, posisi ke-9 Caleg PDIP M. Habib Purnomo 2,25 persen, dan posisi ke-10 Caleg PKB Yus Bariah 2,19 persen.

Berikutnya posisi ke-11 ditempati Caleg Partai Golkar Ali Imron 1,98 persen, posisi ke-12 Caleg PDIP Ketut Erawan 1,88 persen, posisi ke-13 Caleg Partai Nasdem Andri 1,71 persen, posisi ke-14 Caleg PKS Ismail Jafar 1,63 persen, dan posisi ke-15 Caleg Partai Gerindra M. Rahmat Visa 1,46 persen.

Dengan hasil hitung cepat kali ini, maka diprediksi yang akan duduk di DPRD Lampung dari Dapil VIII Lampung Timur yakni Sasa Chalim dan Noverisman Subing. Kemudian dua kursi Partai Gerindra ditempati Ahmad Giri Akbar dan M. Rahmat Visa.

Kemudian satu kursi PDIP ditempati Ferliska Ramadita Johan, satu kursi Partai Golkar ditempati Adhitia Pratama, dan satu kursi Partai Demokrat ditempati M. Kadafi Azwar.

Lalu satu kursi Partai Nasdem Garinca Reza Pahlevi, satu kursi PKS ditempati Ismail Jafar, dan satu kursi PAN ditempati Diah Dharma Yanti.

Data tersebut bukanlah data resmi yang diberikan KPU, sehingga bisa saja terjadi pergeseran jumlah kursi maupun Caleg yang bakal menjabat. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved