list

Jadi Korban Kanibalisme Suara, Caleg PKB Minta Repitulasi Ulang di 4071 TPS

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Calon Anggota Legeslatif (Caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung Tengah, Munir Abdul Haris menyisir 4071 TPS se Lamteng guna memastikan perolehan suaranya aman.

Hal tersebut menyusul ditemukannya migrasi suara miliknya ke Caleg lain dipartai yang sama.

“Saya tidak menyangka ini terjadi, tapi ini kami temukan di dua TPS. Karenanya, saya dan tim akan kembali memastikan di TPS lain aman,” kata dia, Kamis (15/02/2024).

Kanibalisme suara, lanjut dia, terjadi di TPS 19 Kampung Sendang Asih dan TPS 4 Desa Sendangmulyo, Kecamatan Sendang Agung, kabupaten setempat.

“Ada rekaman videonya, saat kami melakukan protes. KPPS setempat sempat betkelit, bahwa hal itu hanya kesalahan input akibat kelelahan semata,” jelas dia.

Mantan aktivis pergerakan ini, menduga ada unsur kesengajaan. Sebab, kata dia, tak hanya di TPS 19, hal serupa juga terjadi pada  TPS 4 Desa Sendangmulyo yang raib 73 suara dan pindah ke caleg yang sama.

“Suara saya malah tak ada di salinan suara C1,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya dan tim tidak terlalu khawatir atas apa yang terjadi. Sebab, dirinya memiliki data lengkap yang dikumpulkan saksi dan relawan.

“Tapi ini mencedarai semangat demokrasi. Ini praktik kecurangan dan harus ditindak oleh Bawaslu. Kami sudah laporkan ini ke Bawaslu,” tegas dia.

Apa yang terjadi, menurut Munir sudah cukup bukti bagi Bawaslu untuk memerintahkan agar seluruh KPPS melakukan verifikasi ulang seluruh data C1 se Lamteng.

“Jangan sampai ini berlanjut ke tingkatan selanjutnya. Ini harus diselesaikan di TPS sebelum lanjut ke PPK,” tandasnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved