logo pembaruan
list

Usai Bagikan BLT di Lampung, Jokowi Naikkan Harga BBM

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Terhitung sejak pukul 14.30 wib, Sabtu (03/09/2022). Pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi.

Pantas saja beberapa jam sebelumnya Presiden Jokowi tidak memberikan jawaban pasti ketika diwawancarai wartawan usai membagikan bantuan langsung tunai (BLT) di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung.

Menurut Jokowi, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi belum diputuskan. Kendati demikian, ia mengakui jika kalkulasinya sudah ia terima.

“Kemarin kalkulasi sudah disampaikan ke saya. Itung-itungannya juga sudah disampaikan kepada saya. Tinggal ini kita putuskan,” kata Jokowi saat diwawancarai, Sabtu (03/09/2022).

Hanya beberapa jam berselang, tiba di istana Presiden Jokowi langsung mengumumkan kenaikan BMM subsidi.

“Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian,” ujar Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Sabtu. 

Menteri ESDM, Arifin Tasrif selanjutnya menjabarkan penyesuaian harga BBM terbaru mulai sore nanti yakni sebagai berikut:
1. Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter
2. Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter
3. Harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter

Wacana kenaikan harga BBM bersubsidi mencuat dalam beberapa waktu terakhir seiring membengkaknya nilai subsidi energi yang mencapai Rp 502 triliun. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved