logo pembaruan
list

Mirzani Djausal Jadi Tokoh Pertama Dicoklit Pantarlih

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kediaman Ketua DPD Gerindra Lampung, Rahmat Mirzani Djausal dipilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung melalui Pantarlih menjadi tokoh pertama dalam proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada mendatang, Senin (24/06/2024).

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana menyampaikan, tahapan Coklit yang berlangsung selama satu bulan (24 Juni – 24 Juli 2024) ini dimulai dengan mencoklit tokoh masyarakat atau opinion leader terlebih dahulu.

Menurut Antoniyus, tokoh masyarakat diharapkan mengajak masyarakat dan pendukungnya untuk mengikuti Coklit atau
bersikap terbuka ketika Pantarlih mendatangi rumah mereka.

“Kebijakan Coklit dengan memulai dari tokoh masyarakat diharapkan dapat mempengaruhi masyarakat agar terbuka saat Pantarlih melakukan Coklit,” kata Antoniyus di kediaman Rahmat Mirzani, Senin (24/06/2024).

Antoniyus juga mengatakan, pencoklitan hari ini menunjukkan kepada masyarakat Lampung bahwa tahapan pemutakhiran data pemilih sudah dimulai. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat akan bersedia mengikuti Coklit.

“Harapan kami kepada seluruh kelompok masyarakat, ketika Pantarlih mendatangi rumah mereka, agar bisa diterima secara sukarela. Pantarlih adalah petugas resmi yang ditunjuk untuk melakukan pemutakhiran,” ujarnya.

Ia menambahkan, hari ini secara serentak KPU Kabupaten/Kota se-Lampung melalui Pantarlih memulai pencoklitan dengan mendatangi tokoh masyarakat atau opinion leader.

Dalam kesempatan itu, Antoniyus menyebut hari ini pihaknya menjadwalkan mendatangi tiga opinion leader di Bandarlampung.

“Setelah ini, saya dan Pantarlih akan mendatangi rumah kepala Komisi Informasi (KI). Nanti juga akan dijadwalkan mendatangi satu opinion leader lainnya untuk dilakukan Coklit,” katanya.

Ia menjelaskan, yang termasuk tokoh masyarakat atau opinion leader ini meliputi semua segmen masyarakat.

“Opinion leader tidak terbatas pada tokoh politik saja, melainkan juga tokoh masyarakat, adat, pemuda, perempuan, dan tokoh masyarakat lainnya,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya memastikan Pantarlih akan melakukan pencoklitan secara menyeluruh. Ia pun mengaku bahwa pemberitahuan tentang Coklit kepada seluruh masyarakat sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Pemberitahuan melalui publikasi sudah dilakukan sejak satu bulan lalu, harapannya agar masyarakat mengetahui tentang pemutakhiran ini dan tentunya bersedia untuk dicoklit,” pungkasnya.

Sementara itu, menanggapi pencoklitan dirinya, Rahmat Mirzani Djausal mengapresiasi langkah KPU dalam tahapan Coklit ini. Menurutnya, dalam beberapa periode ini ia merasakan langsung beberapa perbaikan yang dilakukan oleh KPU.

Mirza menyebut semangat KPU dalam melakukan perbaikan tergambar melalui meningkatnya partisipasi masyarakat, seperti terlihat pada Pileg dan Pilpres lalu.

Ia pun mengimbau seluruh masyarakat Lampung untuk mengikuti Coklit. Menurutnya, Coklit merupakan bagian dari hak politik dan cara warga negara berkontribusi terhadap negara. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved