list

Belasan Kotak Suara Dibobol, Bawaslu dan Polres Gerak Cepat

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran bersama kepolisian setempat bergerak cepat untuk mengungkap motif pembobolan belasan kotak suara di gudang PPK Way Khilau, Pesawaran, Sabtu (17/02/2024).

“”Kami sedang kumpulkan bukti dan saksi, kami juga segera melakukan pleno untuk menjadi temuan. Karena ini berpotensi pidana,” kata Ketua Bawaslu Pesawaran, Fatihunnajah.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang melakukan penelusuran terkait adanya dugaan pembobolan kotak suara Pemilu 2024 yang tersimpan di Sekretariat PPK Way Khilau tersebut.

“Ya, ini berpotensi pidana,” ujarnya.

Awalnya, lanjut Fatih, warga sekitar mendatangi gudang penyimpanan, kemudian warga melihat ada oknum yang sedang membuka segel-segel kotak suara tersebut, dan mereka videokan.

“Mendapatkan informasi itu, saya dan Kapolres Pesawaran langsung mendatangi lokasi,” tuturnya.

Di lokasi, tambah dia, ditemukan total ada 12 kotak suara yang sudah dibobol atau dibuka. Kotak suara tersebut untuk semua pemilihan, baik presiden, DPD, DPR RI dan DPD, serta DPRD.

Sebelumnya, sebuah video beredar di beberapa whatsapp grup memperlihatkan kotak suara dari Desa Penengahan Kecamatan Way Khilau yang tidak tersegel. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved