logo pembaruan
list

Menunjang Kemandirian Kampus, Rektor UIN Resmikan Inkubator Bisnis

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Menunjang kemandirian kampus, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD meresmikan inkubator bisnis secara simbolis, Jumat (14/04/2023), di Meeting Room Lt.1 Gedung Academic & Research Center.

Inkubator bisnis tersebut diresmikan bersamaan dengan penutupan rangkaian kegiatan Raden Intan Festival (RIF) 2023 yang bertema Show Your Creativity to be a Future Entrepreneur yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir.

Rektor mengatakan bahwa pimpinan UIN RIL menyambut baik dan mendorong rangkaian kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa sebagai peserta selama 4 hari (10-14 April) ini.

“Saya rasa, Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir adalah salah satu pusat yang memang menjadi katalisator bagi adik-adik mahasiswa supaya lebih siap menghadapi masa depan,” ungkap Prof Wan.

Hadirnya inkubator bisnis diharapkan akan mendatangkan beberapa manfaat, tidak hanya kepada mahasiswa namun juga kepada kampus UIN selaku perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU).

Lebih lanjut Prof Wan menyampaikan kepada para mahasiswa untuk dapat menjadi individu yang berbobot dan berkualitas. “Tidak hanya diukur dari kemampuan kognitifnya saja, namun juga kemampuan dalam menangkap peluang secara emosional dan spiritual yang akan menjadi modal terbesar untuk menghadapi dunia kompetitif saat ini,” ujarnya.

“Sambutlah masa depan agar generasi emas 2045 dapat kita wujudkan di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, Dr Tin Amalia MSi menyampaikan inkubator bisnis tersebut didirikan untuk menciptakan alumni sebagai pebisnis yang handal.

“Kami ingin mendirikan inkubator bisnis di UIN dengan memanfaatkan hasil kompetisi dan workshop dari Raden Intan Festival, sehingga tidak terbuang begitu saja, namun akan dilakukan pendampingan dalam hal produksi, permodalan dan sebagainya, sehingga mahasiswa ini dapat menjadi pebisnis yang handal ketika menjadi alumni,” tutur Dr Tin.


Ia juga menyebutkan bahwa dengan peresmian inkubator bisnis tersebut mampu menunjang salah satu program utama pimpinan, yaitu kemandirian.

Di kesempatan tersebut Dr Tin juga mengumumkan anggota inkubator bisnis UIN yaitu para peserta yang terseleksi mengikuti Raden Intan Festival cabang lomba Business Plan, diantaranya Tim Nakobutel (Nasi Kotak Bunga Telang), Tim Zipizi Layanan Konsultasi Skripsi, Tim Psyeduchild (Psychology Education Children), Tim Pelling Jebrut (Pedagang Keliling Jeje Brutal), serta Tim Mumtaz Cincau.

“Mereka akan diberikan mentoring, training on the spot berdasarkan evaluasi dari mentor, lalu pitching di hadapan investor untuk menarik minat investor terhadap usahanya, kemudian launching produk ke publik,” jelasnya.

Adapun mentoring akan diberikan oleh mentor internal UIN yaitu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta mentor eksternal, yaitu Hidayatullah, SE., M.Si.,M.Kom., Ak,CA.,CPA.,CHSA., CDMP selaku akuntan publik, company financial consultant serta UMKM Advisor. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved