1683398926426-scaled
list

Basarnas Pastikan Seluruh Penumpang Kapal Terbakar Selamat

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Basarnas Banten memastikan seluruh penumpang penumpang KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Selat Sunda berhasil dievakuasi ke Dermaga 1 Pelabuhan Merak.

Dikutip dari CNN, Sabtu (06/05/2023) malam, Kepala Basarnas Banten Adil Triyanto mengatakan, seluruh penumpang KMP Royce1 sedang menjalani pemeriksaan oleh tenaga medis, sejumlah ambulans juga disiagakan mengantisipasi hal kedaruratan.

“Penumpang seluruhnya berhasil dievakuasi dan selamat. Jumlah penumpang masih pendataan. Penumpang dievakuasi ke dermaga 1 Pelabuhan Merak,” kata Adil.

Saat ini, lanjut dia, kapal KMP Royce1 masih dilakukan pendinginan menggunakan tugboat, dengan cara disemproti air untuk memastikan tidak ada lagi api yang masih menyala.

Sementara, salah seorang penumpang KMP Royce1, Arif (45) menceritakan peristiwa naas tersebut yang begitu dramatis.


Menurut Arif, awalnya dirinya dan keluarga tidak pernah berfikir akan terjadi peristiwa mencekam itu akan dialaminya. Bahkan, dirinya mengaku sempat bersantai menikmati segelas kopi di kantin kapal.

Lalu tiba-tiba dia dikagetkan kepulan asap hitam pekat yang berasal dari parkiran mobil di lambung kapal yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni itu.

Dia mendengar teriakan penumpang lain bahwa ada kebakaran di dalam kapal. Seketika dia berlari ingin melihat sumber api, namun dilarang petugas demi keselamatan.


Ujang bersama keluarga dan penumpang lainnya diarahkan segera menyelamatkan diri oleh petugas kapal.

“Awalnya keluar asap kecil, langsung besar asapnya. Kita kan di atas, itu di bawah sudah keluar asap pekat. Kalau api mah enggak terlalu besar cuma asap doang tebal,” ujarnya, di Pelabuhan Merak, Sabtu (6/5).

Dia mengatakan kapal yang bertugas memadamkan api baru datang sekitar 30 menit setelah asap membesar. Tak lama, penumpang dievakuasi bergantian menggunakan perahu nelayan, kapal Basarnas, Polairud Polda Banten hingga TNI AL Banten.

“Agak lama baru datang pemadam kebakaran, terus kita juga dievakuasi. Ternyata ada mobil yang terbakar, saya enggak lihat kondisi mobilnya,” tandasnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved