logo pembaruan
list

Selat Sunda Diguncang Gempa 5.1 Magnitudu

Facebook
Twitter
WhatsApp

Tidak Berpotensi Tsunami

PEMBARUAN.ID – Masyarakat Lampung dihebohkan dengan terjadinya gempa bumi, Sabtu (17/12/2022). Getaran dirasakan hingga wilayah Bumisari, Gunung Sugih, Lampung Tengah sekitar pukul 04.45 WIB.

“Wilayah Bumisari Gunung sugih
Pkl.04.54 bumi bergerak.
Mohon info Bmkglampung,” tulis salah satu warga Gunung Sugih, Triyono Abusyah di akun media sosialnya yang di tag ke akun @bmkglampung, Sabtu pagi.

Sementara, di akun resminya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung menginformasikan terjadinya gempa di wilayah Selat Sunda. Lebih tepatnya, gempa bumi terletak pada koordinat 6,25° LS ; 105,04° BT, jarak 77 km Barat Laut Sumur, Banten dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser,” kata Daryono seperti dikutip lampungpro.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di Lampung Selatan dengan skala intensitas III MMI (hetaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), di Pasawaran, Kotabumi dan Pringsewu dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan Metro, Lampung Tengah, Bandar Lampung dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tuturnya.

Hingga pukul 05.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya lima aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M 3,3. (tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved