logo pembaruan
list

Mikroorganisme Penting untuk Mengurangi Efek Pemanasan Global

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Guru Besar Institut Pertanian Bogor Prof.Dr.Ir Nampiah mengatakan, mikroorganisme diibaratkan sebagai mahkluk halus yang terkadang membuat manusia takut dan berlari karena tidak tampak.

Mikroorganisme ini mengurangi efek pemanasan global yang menjadi aspek penting dan berkontribusi pada perbaikan lingkungan.

“Peran mikroorganisme ini sangat penting dalam sebuah lingkungan yang bisa menyebabkan reaksi pembakaran dan menghasilkan karbon,” kata Nampiah dalam Seminar Nasional Hari Pers Nasional 2024 tema Selamatkan Planet Bumi Melalui Penerapan Enviromental Sosial Governance (ESG) di Hotel Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta Minggu(18/02/2024).

Pada agenda yang dihadiri wartawan se-Indonesia dari unsur Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan organisasi media lainnya itu, Nampiah menjelaskan, karbon yang dihasilkan mikroorganisme ini akan dilepas keatas sehingga terjadi keseimbangan lingkungan di mana unsur CO2 nya merupakan hasil respirasi oleh tumbuhan berklorofis.

Unsur CO2 itu, lanjut Nampiah, akan terkumpul di atmosfir yang akan berdampak pada tumbuhan sehingga bereaksi pada lingkungan sekitarnya.

“Ini nantinya ada hubungannya bahwa CO2 itu berada dalam atmosfir dengan konsentrasi yang tinggi. Siklus karbon ini seharusnya stabil yang diharapkan tidak menyebabkan pemanasan global dimana salah satunya disebabkan penggunaan bahan bakar,” urainya.

Muatan dari CO2 ini menyebabkan suhu udara meningkat dan terjadilah pemanasan global, sehingga salah satu cara menguranginya yakni dengan cara menurunkan konsentrasi CO2 itu sendiri.

Jadi sambung Nampiah, jangan sampai kita berharap bisa menurunkan pemanasan global kalau kita tidak bisa menurunkan peningkatan CO2 yang sangat berkorelasi dengan peningkatan suhu bumi. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved