workshop literatur digital fisip unila
list

Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur Digital: Perpus Unila Maksimalkan Layanan bagi Dosen dan Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Lampung (Unila) kembali menghadirkan Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur Digital yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan. Acara berlangsung pada Jumat, 12 Januari 2023, di Auditorium B.3.1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila.

Dalam kegiatan ini, Kepala UPT Perpustakaan Unila, Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng., menjadi pemateri yang memaparkan jenis layanan sumber literatur yang dimiliki oleh perpustakaan. Materi tersebut melibatkan pengenalan terhadap layanan tercetak dan digital yang secara potensial dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Layanan-layanan ini belum banyak diketahui dan dimanfaatkan oleh dosen serta mahasiswa Unila, oleh karena itu kita coba sosialisasikan ke semua fakultas agar resource yang dimiliki bisa bermanfaat secara maksimal,” ujar Khairudin.

Secara umum, layanan sumber literatur Perpustakaan Unila terbagi menjadi dua kategori, yaitu layanan tercetak dan layanan digital. Layanan tercetak mencakup sirkulasi, cadangan, referensi, dan koleksi karya ilmiah (KKI) dengan menggunakan online publik access catalog (OPAC). Sementara itu, layanan digital melibatkan Digilib Repository, Bojopro (Book, Journal, Prosiding), Digital Library e-Book Kubuku, WestLaw, ScienceDirect, serta e-Book dari TF, IGIm Global, dan Elgar Online.

Dr. Arif Sugiono, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP Unila, menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan bagian dari fokus pengembangan keterampilan dosen di bidang kompetensi. Mengingat Perpustakaan Unila telah berlangganan jurnal sains terkemuka seperti ScienceDirect, workshop ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi dosen.

Dekan FISIP Unila, Dra. Ida Nurhaida, M.Si., yang turut hadir dan membuka acara, menyatakan kegembiraannya atas langkah Unila yang telah berhasil berlangganan jurnal untuk mendukung kinerja dosen. Dra. Ida Nurhaida berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan di lingkungan fakultas.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada dosen dan mahasiswa Unila tentang potensi sumber literatur digital yang tersedia, mendorong pemanfaatan maksimal, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas riset dan karya ilmiah di lingkungan universitas. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved