Pelepasan-Mahasiswa-Peserta-MBKM-Periode-Genap-20232024-c-1536x1025
list

Program Merdeka Belajar, Unila Ikutkan 2.734 Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Lampung (Unila) resmi melepas 2.734 mahasiswa yang akan mengikuti berbagai program dalam skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada semester genap 2023/2024. Pelepasan berlangsung di Aula Fakultas Pertanian, Selasa (20/2), dihadiri Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, dan jajaran pimpinan universitas.

Dalam sambutannya, Rektor Unila menekankan pentingnya program MBKM dalam mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi. Ia berharap para mahasiswa dapat menjadi duta MBKM Unila dan memperkenalkan program tersebut kepada mahasiswa lainnya.

“Saya berharap mahasiswa dapat menjalani semua program yang disiapkan di lapangan dan dapat menjadi duta MBKM Unila. Pengalaman yang didapat bisa dibagikan kepada adik tingkat, agar lebih banyak yang ikut serta,” ungkap Rektor.

Pada semester ini, sejumlah program MBKM diikuti mahasiswa dari berbagai fakultas di Unila. Di antaranya Magang Mahasiswa, Studi Independen Bersama Mitra, Riset Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional, Studi Independen, Magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), hingga program Kampus Mengajar.

Program-program tersebut didanai pemerintah lewat skema Bantuan Kurikulum Pendidikan Tinggi MBKM maupun pendanaan mandiri Unila. Total ada 12 program, seperti KKN Tematik diikuti 1.807 mahasiswa dan program Studi Independen Bersama Mitra sebanyak 396 mahasiswa.

Salah satu peserta, Laula Khairun Nisa, mahasiswa Sosiologi angkatan 2022 di program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), menyatakan komitmennya untuk mengikuti MBKM dengan maksimal dan lebih mendalami makna Bhinneka Tunggal Ika.

Sebelum diberangkatkan, para mahasiswa mendapatkan pembekalan teknis dari Tim MBKM Unila. Universitas berharap mereka dapat menimba ilmu maksimal di lapangan sesuai program masing-masing. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved