logo pembaruan
list

LPM UIN Raden Intan Lampung Sosialisasikan Aplikasi “Merpati” untuk Mendukung Program MBKM

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi “Merpati” (Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) sebagai bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara tersebut dihadiri oleh para Wakil Dekan I, Kabag fakultas, Kaprodi, Sekprodi, serta Admin Merpati dari masing-masing fakultas di lingkup UIN Raden Intan Lampung.

Dalam laporannya, Dr Asriani MH, selaku Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum LPM UIN RIL, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan langkah dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pelaksanaan MBKM. Ia berharap setiap program studi telah menetapkan mata kuliah konversi dan rekognisi sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, terkait pelaksanaan MBKM pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) semester Genap TA 2023/2024.

Aplikasi Merpati, yang dikelola oleh Kementerian Agama, merupakan pengembangan dari aplikasi PERMATA yang sebelumnya digunakan untuk pertukaran pelajar. Dengan Merpati, PTKI dapat menawarkan program MBKM yang lebih beragam dan terintegrasi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi mereka dan memungkinkan mahasiswa dari PTKI lain untuk mengambil mata kuliah di kampus mereka, dengan persyaratan tertentu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg, memberikan dukungan penuh terhadap program MBKM di UIN Raden Intan Lampung. Ia menegaskan bahwa program ini telah berjalan sejak tahun sebelumnya dan akan terus dikembangkan secara bertahap. Prof Alamsyah menekankan pentingnya memperluas ruang belajar bagi mahasiswa, termasuk dalam aspek pengabdian, penelitian, magang, dan lainnya.

Sosialisasi ini dipaparkan oleh internal expert, Dr Jamal Fakhri MAg, dengan tujuan agar peserta lebih memahami dan memanfaatkan aplikasi Merpati sebagai sarana pendukung dalam menjalankan program MBKM dan membuka peluang belajar yang lebih luas bagi mahasiswa PTKI di seluruh Indonesia. Dengan demikian, UIN Raden Intan Lampung berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung perkembangan pendidikan tinggi keagamaan di Indonesia. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved