logo pembaruan
list

Rakernas DWP Kemenag RI 2024: Membangun Potensi dan Kualitas Organisasi

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) tahun 2024 telah sukses digelar pada tanggal 5 hingga 7 Februari 2024, dengan tema utama “Optimalisasi Potensi DWP Kemenag RI dalam Mencapai Kinerja yang Berkualitas”. Acara ini dibuka oleh Penasihat DWP Kemenag RI, Hj. Eny Retno Yaqut, yang memberikan arahan penting bagi seluruh anggota dan pengurus DWP.

Dalam sambutannya, Eny Retno menekankan pentingnya mengoptimalkan potensi diri dalam berorganisasi, yang merupakan kunci keberhasilan sebuah organisasi. Dia juga menegaskan perlunya menjaga kebersamaan dan silaturahmi antar anggota serta memberikan arahan yang jelas dan mudah dimengerti.

“Rakernas kali ini menjadi momen penting untuk merajut kembali semangat dan komitmen dalam menjalankan program kerja DWP Kemenag RI,” ujar Eny Retno.

Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah perubahan format Rakernas dari sebelumnya yang lebih bersifat pasif menjadi lebih proaktif dengan adanya draf program kerja. Hal ini disambut baik oleh peserta, termasuk Ketua DWP UIN Raden Intan Lampung, Maftuchah Wan Jamaluddin, yang berjanji untuk merealisasikan program-program yang mendukung DWP UIN Raden Intan Lampung.

“Pesan dan arahan dari Penasihat DWP Kemenag RI akan kami jadikan panduan dalam merancang program kerja yang akan kami jalankan,” ungkap Maftuchah.

Selain itu, para peserta Rakernas juga mendapatkan materi dari berbagai narasumber, termasuk Mentor Komunikasi Kepala Humas Kedokteran Gigi UI dan Founder Share & Talk Communication, Reska Herlambang M.Ikom CIB, yang membahas tentang komunikasi kepemimpinan yang efektif. Materi tersebut mencakup berbagai gaya komunikasi kepemimpinan dan karakteristiknya, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan dalam organisasi DWP.

Tak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Yogi Yulio Yudi Pratama, SPsi, CPDP, CGR, C.Coach, sebagai trainer capacity building yang memberikan materi motivasi dan public speaking kepada peserta. Dengan materi yang disampaikan oleh para ahli, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan kepemimpinan mereka.

Rakernas DWP Kemenag RI 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen anggota terhadap program kerja DWP tahun 2024, serta menyamakan persepsi dan langkah kerja sehingga program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik. Organisasi DWP sendiri memiliki enam program yang disesuaikan dengan tujuan, visi, dan misi organisasi. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved