logo pembaruan
list

Raker 2024 UIN Raden Intan Lampung: Mewujudkan Pertumbuhan dan Pengakuan Global

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Rapat Kerja (Raker) tahunan dengan tema “UIN RIL Bertumbuh dan Mendunia”, bertujuan untuk koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi rencana kerja lintas unit kerja dalam mengimplementasikan program prioritas. Pembukaan Raker ini di Ballroom kampus menjadi momen yang penuh khidmat dengan pemutaran tayangan capaian UIN RIL tahun 2023 dan sambutan resmi dari Walikota Bandar Lampung, Hj Eva Dwiana.

Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, menyampaikan rasa syukur atas prestasi gemilang kampus dalam berbagai bidang. UIN RIL meraih peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) peduli lingkungan berdasarkan pemeringkatan UI Green Metric, dan menempati peringkat ketiga PTKIN se-Indonesia menurut Webometric. Selain itu, UIN RIL telah mencapai prestasi lain, seperti posisi keenam terbaik PTKIN versi UniRank, indeks Scopus untuk Jurnal Al-‘Adalah, dan menjadi pendaftar terbanyak se-Sumatera dalam Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023.

Prof Wan berharap Raker menjadi momentum sinergi antara semua unit kerja di UIN RIL berdasarkan prinsip-prinsip good university governance. Dia menegaskan pentingnya menghadapi masa depan dengan baik, terutama dalam pengembangan institusi untuk mencapai visi pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan.

Rencana pengembangan institusi dibagi dalam empat tahap, yang saat ini UIN RIL memasuki tahap terakhir dari Rencana Strategis 2020-2024 yaitu Tahap Rekognisi ASEAN. Prof Wan menekankan bahwa tahun ini merupakan tahap krusial dalam memperoleh pengakuan ASEAN, dengan fokus meningkatkan status akreditasi program studi, mendirikan fakultas dan program studi baru, serta memproses Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) menuju universitas yang terakreditasi unggul.

Seiring dengan berakhirnya tahap ini, UIN RIL akan memasuki milestone ke-3 (2025-2030) yaitu Tahap Rekognisi Internasional. Pada tahap ini, UIN RIL diharapkan menjadi universitas unggul di tingkat Asia dan meningkatkan status kelembagaan yang bersaing secara internasional.

Raker 2024 UIN RIL diikuti oleh 308 peserta dari berbagai unsur pimpinan di lingkungan kampus. Rapat kerja ini akan berlangsung selama enam hari, dan dilanjutkan di Bandung pada tanggal 22-25 Februari 2024. Acara pembukaan Raker juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan stakeholders, serta perwakilan dari sekolah/madrasah di Kota Bandar Lampung. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved