pmb unila 2024
list

LP3M Unila Gelar Rapat Pleno untuk Penetapan Daya Tampung PMB Tahun 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unila menggelar rapat pleno pada Kamis, 11 Januari 2024, untuk membahas dan menetapkan daya tampung Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2024. Rapat yang dihadiri oleh Rektor Unila, para wakil rektor, dekan, dan Direktur Pascasarjana ini diselenggarakan di ruang sidang utama, lantai dua rektorat Unila.

Pada rapat tersebut, Kepala Pusat Asesmen PMB Unila, Ing. Hery Dian Septama, S.T., menjelaskan bahwa penetapan daya tampung didasarkan pada Permendikbud Riset Nomor 48 Tahun 2022 tentang penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Diketahui bahwa regulasi penetapan daya tampung tahun ini tidak mengalami perubahan signifikan. Jalur SNBP minimum tetap 20%, jalur SNBPT 40%, dan jalur mandiri maksimum 30%.

Hery menekankan bahwa perubahan regulasi terjadi pada kewenangan panitia pusat yang tahun ini melakukan evaluasi daya tampung setelah usulan dari masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Rapat pleno merupakan bagian dari serangkaian kegiatan penyusunan daya tampung PMB Unila tahun 2024, yang melibatkan Tim Pusat PMB dan para pimpinan fakultas dan pascasarjana.

Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., dalam arahannya, meminta para pimpinan untuk mempercepat penetapan daya tampung. Dia menyampaikan bahwa jadwal pengiriman data telah ditetapkan paling lambat pada 15 Januari 2024, terkait dengan percepatan penentuan jadwal seleksi Mandiri yang akan disesuaikan dengan perubahan kebijakan tahun ini.

Selain itu, para pimpinan diharapkan dapat memberikan dasar justifikasi dalam menentukan daya tampung di masing-masing program studi. Penerimaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), khususnya kuota kerja sama, juga menjadi fokus untuk diselaraskan dengan daya tampung PMB Unila 2024.

Prof. Lusmeilia menambahkan, “Rapat pleno ini akan menghasilkan keputusan mengenai pengusulan daya tampung di setiap fakultas. Apakah akan dikembalikan atau direvisi, keputusan tersebut diharapkan dapat diambil dengan segera untuk penyelesaian yang cepat.”

Dengan harapan agar hasil rapat pleno ini dapat memberikan landasan yang kuat untuk proses penerimaan mahasiswa baru di Unila tahun 2024, rapat pleno ini mencerminkan komitmen universitas dalam menyelenggarakan proses penerimaan mahasiswa baru dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved