logo pembaruan
list

Kegiatan Sosialisasi SPAN-UMPTKIN 2024: Mendorong Kualitas dan Sinergi PTKIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) menggelar kegiatan sosialisasi untuk jalur SPAN PTKIN dan jalur UMPTKIN tahun 2024 di Jakarta. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdani, S.TP, MT. Turut hadir juga sejumlah tokoh penting dalam dunia pendidikan, antara lain Direktur Pendidikan Tinggi Keagaaman Islam (PTKI) Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Ketua Forum Rektor PTKN Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag, serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pendis, Kang Dhani, menekankan pentingnya aspek kualitas dalam seleksi SPAN-UMPTKIN. Baginya, kualitas mahasiswa dan lulusan memiliki dampak signifikan terhadap mutu dan daya saing PTKIN secara keseluruhan, menjadikannya destinasi utama bagi para calon mahasiswa.

Prof. Inung, Direktur Diktis, mengajak seluruh panitia PMB PTKIN untuk bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dalam mensukseskan pelaksanaan SPAN-UMPTKIN. Dia juga menggarisbawahi tanggung jawab bersama antara PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam hal ini.

Prof. Nyayu, ketua panitia sekaligus Rektor UIN Raden Fatah Palembang, berharap kegiatan sosialisasi ini mampu meningkatkan jumlah pendaftar SPAN-UMPTKIN tahun 2024. Dia juga menekankan peran penting kepala bidang pendidikan madrasah dan pondok pesantren dalam mensosialisasikan program ini di seluruh Indonesia.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Prof. Masnun, Ketua Forum Rektor PTKN, yang menyoroti pentingnya sinergi antara PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam menjadikan PTKIN sebagai pilihan utama bagi siswa madrasah dan santri di seluruh Indonesia.

Saat ini, proses pendaftaran siswa untuk SPAN-PTKIN telah dibuka dan akan berlangsung hingga 15 Maret 2024. Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dapat diakses melalui website ptkin.ac.id dan media sosial span_umptkin, serta melalui laman pmb.radenintan.ac.id. Kegiatan ini menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi keagamaan dan memperluas akses bagi calon mahasiswa di Indonesia. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved