logo pembaruan
list

Diduga Fiktif, 3 Program Dana Desa Alam Jaya Diprotes Warga

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kabar mengenai dugaan penyalahgunaan dana desa di Alam Jaya, Kotabumi Selatan, Lampung Utara mengemuka.

Ya, anggaran tahun 2023 yang ditujukan untuk menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Program Ternak Kambing dan Budi Daya Tanaman Sayuran, disinyalir tidak berjalan sesuai rencana.

Dari data yang berhasil dihimpun pembaruan.id, terungkap bahwa dana desa untuk tahun anggaran 2023 terdiri dari alokasi sebesar Rp97.749.400 untuk BUMDes, Rp37.014.400 untuk Program Ternak Kambing dan Rp27.000.000 untuk Program Budi Daya Nanaman Sayuran.

Salah seorang narasumber menuturkan, tiga program tersebut tidak pernah terwujud.

“Tidak ada kegiatan yang berlangsung baik untuk BUMDes, ternak kambing, maupun pengadaan bibit tanaman sayuran,” kata sumber yang meminta namanya dirahasiakan itu, Senin (27/05/2024).

Tim Pembaruan.id yang ingin memastikan prihal tersebut, menyaksikan kondisi kantor BUMDes yang terlihat tak terawat. Rumput liar tampak subur di tepi daun pintu kantor yang plang namanya sudah termakan usia tersebut. Bahkan, menurut kesaksian warga kantor yang diguyur dana hampir Rp100juta itu sudah lama tak difungsikan.

“Kantor BUMDES terlihat terbengkalai, bagaimana mungkin program ini bisa berjalan,” tutur warga.

Sayangnya, Kepala Desa Alam Jaya, Maman Firmansyah, saat dimintai konfirmasi tidak dapat ditemui di ruang kerjanya pada jam kerja. Upaya untuk menghubungi beliau melalui WhatsApp juga tidak membuahkan hasil, meskipun statusnya terlihat aktif.

Dugaan penyalahgunaan dana desa ini memunculkan keprihatinan akan transparansi dan kepatuhan terhadap regulasi dan hukum yang berlaku dalam pengelolaan dana desa.

Masyarakat berharap agar pihak berwenang dapat segera melakukan investigasi untuk mengungkap kebenaran di balik dugaan ini.

Sementara, Pendamping Lokal Desa (PLD) setempat, Beni Setia Jiwa mengatakan, dana BUMDes sudah di salurkan melalui rekening BUMDes pada tahun 2023.

“Alokasi dana untuk Pengadaan Tanaman Bibit Sayur sudah di salurkan melalui Dana Desa tahun 2023. Untuk Program Ternak k
Kambing Tahun Anggaran 2022 juga sudah di salurkan,” kata dia. (rofiq)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved