logo pembaruan
list

Tingkatkan Partisipasi Gen-Z di Pilkada, Ini yang Dilakukan LDS

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Meningkatkan peran generasi Z atau anak muda dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Lampung Democracy Studies (LDS) akan melebarkan sayap hingga tingkat kecamatan se Bandarlampung.

Koordinator Daerah (Korda) LDS wilayah Bandarlampung, Zulham Donni Siregar menyebutkan, pihaknya akan membuka open rekrutmen koordinator kecamatan (Korcam) LDS di setiap kecamatan se Bandarlampung.

Menurut Doni, rekrutmen tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat terutama gen-Z dalam pilkada hingga mengawal proses demokrasi yang sehat dan mencerdaskan.

“Pembentukan Korcam LDS se Bandarlampung ini bentuk komitmen LDS sebagai lembaga pemantau, juga sebagai lembaga yang terus menerus berupaya fokus melakukan pendidikan demokrasi, pendidikan politik khususnya wilayah Lampung,” kata dia, Kamis (06/06/2024).

Doni menyebutkan, sebagai upaya melakukan proses pemantauan dan demi terciptanya demokrasi yang bermartabat, orang-orang yang sudah terpilih sebagai koordinator kecamatan (Korcam) akan menjadi pelaksana teknis pemantauan Pilkada serentak mendatang.

Ia menambahkan, LDS sebagai mitra kritik pemerintah memiliki peran melakukan intervensi terhadap kebijakan publik dan memberikan rekomendasi di wilayah ide dan gagasan.

Hal tersebut, kata dia, sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia sebagaimana termaktub di undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945.

Ia melanjutkan, Pilkada serentak tahun ini memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk memilih kepala daerahnya masing-masing di setiap wilayah.

Hal ini menurutnya sebagaimana diatur pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Diketahui, Rekrutmen tersebut dibuka untuk umum, terutama masyarakat khususnya gen-Z yang memiliki minat terlibat dalam pengawalan Demokrasi terkhusus dikecamatan se Bandarlampung. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved