logo pembaruan
list

Siapakah Pj Gubernur Lampung? DPRD: Paling Lambat SK Terbit Pekan Depan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – DPRD Lampung menyampaikan Surat Keputusan (SK) Penjabat Gubernur (Pj) pengganti Arinal Djunaidi akan terbit sebelum masa jabatan Arinal berakhir atau sebelum tanggal 12 Juni 2024, pekan depan.

Hal itu diungkapkan seusai DPRD Lampung dan perwakilan Fraksi menemui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (31/05/2024) lalu.

Wakil Ketua DPRD Lampung, Yozi Rizal menegaskan, Surat Keputusan (SK) Pj Gubernur secara otomatis mulai berlaku pada 12 Juni atau setelah masa jabatan Gubernur Lampung berakhir.

“Soal Pj Gubernur, secara logika kan, SK Pj Gubernur mulai berlaku tanggal 12 Juni. Otomatis di tanggal itu sudah ada yang mengisi posisi Pj Gubernur,” kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (04/06/2024).

Terkait pertemuan dengan Kemendagri, Yozi Rizal mengatakan, dirinya mewakili pempinan DPRD bersama perwakilan fraksi, yaitu fraksi PKS Zunianto menemui Kemendagri untuk membahas terkait Pj Gubernur.

“Sudah, saya mewakili pimpinan dengan didampingi anggota fraksi PKS, Junianto. Kami diterima PLT Sekretaris Jendral Kemendagri Pak Tomsi Tohir,” kata Yozi.

Yozi menyampaikan dalam pertemuan tersebut, pihaknya mengklarifikasi terkait usulan Pj Gubernur Lampung.

“Kami menjelaskan bahwa secara kelembagaan DPRD tetap merekomendasikan 3 nama pengganti Arinal,” kata dia.

Ketiga nama yang diusulkan tersebut adalah, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto. Kemudian Sekjen DPD RI Rahman Hadi dan Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Samsudin.

Ia menambahkan, usulan Pj Gubernur tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk di SK kan.

Menurut Yozi, PLT Sekretaris Jendral Kemendagri Pak Tomsi Tohir, sudah mengakomodir usulan tersebut. Dan selanjutnya akan dibahas, lalu diusulkan kepada Presiden.

“Pak Tomsi bilang akan diakomodir hal tersebut dan Selasa (04/06/2024) akan dibahas untuk kemudian diusulkan kepada Presiden,” jelasnya.

Ia menegaskan SK Penjabat Gubernur Arinal Djunaidi akan terbit sebelum tanggal 12 Juni.

“SK nya nanti, yang jelas sebelum tanggal 12 Juni,” pungkasnya.

Diketahui, masa jabatan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan berakhir pada tanggal 12 Juni 2024. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved