list

Sambutan di Rakernas IKA PMII, Oso Sindir Netralitas KPU

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Tokoh nasional dari Kalimantan Barat (Kalbar) Oesman Sapta Odang (Oso) memints agar penyelenggara Pemilu, baik KPU mapun Bawaslu menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan Oso, saat menyampaikan sambutannya sebagai tokoh nasional dari Kalbar, di rapat kerja nasional (Rakernas), Ikatan Keluarga Alumni (IKA), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Qubu Resort, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (26/05/2023).

“Saya lihat ada KPU dan Bawaslu hadir di sini. Nah, KPU ini harus berlaku adil kepada seluruh peserta Pemilu. Tidak memihak salah satu parpol,” kata Oso.

Semua elemen, lanjut Oso, harus bersatu padu dan berjalan pada porosnya masing-masing, sesuai tugas pokok dan pungsinya demi kemajuan Indonesia.


“Tidak boleh penyelenggara mengklaim bahwa ada satu Parpol yang harus diunggulkan. Itu bukan sikap NU, PMII dan kita semua,” tegasnya, disambut tepuk tangan peserta Rakernas dan undangan yang hadir.

PMII, jelas Oso, adalah organisasi yang betul betul diinginkan masyarakat untuk dapat menjalankan cita-cita sesuai AD/ART-nya. Penyataan Oso tersebut, lantaran mengetahui, jika banyak kader NU dan PMII yang menjadi penyelenggara Pemilu.

Pada kesempatan tersebut, Oso banyak memuji tokoh-tokoh PMII yang saat ini menjadi tokoh nasional, diantaranya Muhaimin Iskandar, Muqowam dan beberapa nama lainnya.

“Muhaimin Iskandar ini sahabat saya. Nah, kalau Muqowam ini tokoh lama. Saya apresiasi pak Muqowam yang memilih Kalbar sebagai lokasi Mukernas,” tandasnya.


Diketahui, menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-II di Pontianak. Berbagai tokoh nasional akan menghadiri acara yang akan digelar 26-28 Mei 2023.

Rakernas yang mengangkat tema Urgensi dan Kompetensi SDM Aswaja Untuk Peradaban Bangsa itu, direncanakan Presiden RI akan menyampaikan sambutan. Bahkan Presiden Joko Widodo dikabarkan telah memberikan sambutan dalam Rakernas melalui  video yang sudah dikirimkan ke panitia penyelenggara.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas II IKA-PMII, sekaligus Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) IKA-PMII Kalbar, Suib mengatakan, beberapa tokoh nasional akan menghadiri Rakernas.

“Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, tokoh nasional asal Provinsi Kalbar yakni Bapak Oesman Sapta (OSO) juga akan hadir dalam agenda nanti,” tuturnya.


Beberapa tokoh nasional lain yang akan menghadiri Rakernas, lanjut Suib juga berasal dari Alumni PMII dari seluruh wilayah Indonesia termasuk Ketua Umum Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP), Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D, lalu Cak Imin (Muhaimin Iskandar), Jazilul Fawaid, serta tokoh lainnya.

Termasuk juga tokoh lainnya dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh daerah dari Kalbar juga hadir, termasuk Gubernur Kalbar, Sutarmidji,” tutur Suib.

Di samping itu alumni cipayung juga akan turut hadir seperti GMNI, HMI, PMII, IMM, PMKRI dan GMKI. Kemudian PWNU, PW Muhammadiyah.

“Kita perkirakan sekitar 1.000 undangan dari seluruh wilayah Indonesia berkumpul di Provinsi Kalbar,” pungkasnya. (tim/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved