logo pembaruan
list

Resmikan Kantor Bawaslu Balam, Rahmad Bagja Ajak Cipayung Plus Ikut Kawal Pemilu

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Rahmat Bagja meresmikan Kantor Bawaslu Kota Bandarlampung, Selasa (14/05/2024).

Dalam sambutannya, Rahmat Bagja turut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Bandarlampung yang telah memberikan support atas pembangunan kantor Bawaslu Bandarlampung.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada pimpinan Bawaslu Bandarlampung periode 2019-2023 dibawah kepemimpinan Chandrawansah yang telah menginisiasi proses pembangunan kantor tersebut.

Bagja berharap atas peresmian kantor ini bisa menjadi pemicu semangat Bawaslu Bandarlampung untuk melakukan pengawasan yang lebih baik lagi.

Dia pun mendorong aktivis (Cipayung +) di Bandarlampung untuk sering berdiskusi di Kantor Bawaslu Kota Bandarlampung dan meminta aktivis untuk lebih aktif mengawal proses Demokrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat Bagja juga menyinggung Pilkada serentak 2024. Menurutnya Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Karena seluruh kabupaten/kota termasuk Pilgub akan melakukan pemilihan dan hanya dalam waktu sehari, 27 November 2024.

“Hal ini menjadi persoalan tersendiri buat kita, (Bawaslu). Dulu ada proses pembantuan dari Polres dan Kodim setempat. Namun Pilkada saat ini pihak keaamaan tersebut bertugas di wilayah masing-masing. Sehingga proses pembantuan akan sangat terbatas,” kata Bagja.

Menurut Bagja, sesama pihak penyelengara khususnya di Bandarlampung (Bawaslu dan KPU) harus bekerjasama. Karena berkat kerjasama akan menentukan proses dan penyelesain masalah dalam Pilkada.

Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P Pangar dalam sambutannya mengatakan kantor Bawaslu Kota Bandarlampung merupakan dana hibah yang kedua setelah Kantor Bawaslu Lampung Tengah.

“Sebelumnya Kantor Bawaslu Lampung Tengah juga mendapatkan dana hibah. Karena itu dari Bawaslu 15 kabupaten kota, baru Lampung Tengah dan Bandarlampung yang memiliki kantor (permanen),” kata Iskardo dalam acara peresmian tersebut.

Iskardo berharap atas peresmian ini bisa menjadi inspirasi bagi Bawaslu Kabupaten/kota termasuk Bawaslu Provinsi agar bisa bisa membangun kantor tetap, serupa Bawaslu Bandarlampung.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Apriliwanda dalam sambutannya menyebutkan proses perancangan bangunan kantor ini dimulai sejak Juli 2023.

April turut mengucapkan terimakasih kepada Walikota Bandarlampung yang telah memberikan dukungan. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan Bawaslu Kota Bandarlampung periode sebelumnya.

“Berkat jerih payah pimpinan Bawaslu sebelumnya jua lah kantor ini bisa berdiri,” kata April.

Dia berharap berdirinya gedung kokoh ini bisa menjadi semangat untuk mengawal proses demokrasi dan mendorong Pilkada 2024 yang jujur dan adil.

Sementara Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana mengucapkan terimakasih sekaligus selamat datang kepada Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja di Bumi Sai Rua Jurai.

Menurut Eva Dwiana Kota Bandarlampung merupakan pintu gerbang Provinsi Lampung. Sebagai masyarakat yang ada di Bandarlampung kita yang harus memberikan yang terbaik.

“Saya berharap kantor Bawaslu Kota Bandarlampung bisa digunakan dengan baik,” pungkasnya. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved