logo pembaruan
WhatsApp Image 2024-02-10 at 22.14.11_9addac88
list

Bawaslu Lampung Gelar Ekspos Hasil Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung menggelar ekspos tahapan pengawasan kampanye Pemilu 2024 di ballroom Hotel Redison pada Sabtu (10/02/24). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pengawasan kampanye dan memberikan edukasi terkait tahapan-tahapan yang akan dilakukan selama periode kampanye.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, beserta jajarannya, Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Lampung, Deri Hendryan, Jurnalis Senior Oyos Suroso, serta awak media lainnya.

Iskardo P. Panggar, Ketua Bawaslu Lampung, dalam paparannya menjelaskan mengenai tugas dan kinerja Bawaslu Lampung selama masa kampanye Pemilu 2024.

“Bawaslu Lampung, menjelang masa tenang, fokus pada menjaga hak pilih masyarakat di seluruh kabupaten/kota dan memastikan fasilitas di TPS di seluruh provinsi Lampung terpenuhi oleh KPU. Kami berharap demokrasi ke depan dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Iskardo.

Himbauan Masa Tenang dan Langkah Pencegahan

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam ekspos ini adalah mengenai masa tenang. Bawaslu Lampung telah mengirim surat dan memberikan instruksi kepada semua peserta pemilu untuk menurunkan alat peraga kampanye seperti baliho dan spanduk.

Iskardo P. Panggar menjelaskan, “Hari ini (Sabtu), Bawaslu Provinsi Lampung telah menghimbau secara lisan maupun tertulis kepada partai, calon legislatif, dan calon presiden untuk mulai menurunkan alat peraga di sepanjang jalan seperti baliho dan spanduk.”

Bawaslu Provinsi Lampung juga mengajak masyarakat dan Pengawas TPS untuk memperhatikan beberapa hal penting seperti memberikan himbauan kepada peserta pemilu terkait larangan kegiatan yang mengarah pada aktivitas kampanye selama masa tenang, melaksanakan patroli pengawasan, berkoordinasi dengan stakeholder terkait penertiban alat peraga kampanye, hingga meningkatkan edukasi dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan partisipatif pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Melalui berbagai langkah dan upaya yang dilakukan, Bawaslu Lampung berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi proses demokrasi dalam Pemilu 2024, sehingga proses pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak yang terlibat. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved