logo pembaruan
list

Bawaslu Mulai ‘Injak Pedal Gas’

Facebook
Twitter
WhatsApp

Gaungkan Pendidikan Politik Pada Masyarakat

PEMBARUAN.ID – Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. Karenanya, partisipasi masyarakat dalam konteks pengawasan sangat dibutuhkan. Itu sebabnya, Bawaslu melakukan percepatan-percepatan sosialisasi pendidikan politik pada masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan, Koordinator Devisi Sosialisasi Bawaslu Lampung, Karno A Satarya di sela Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Serentak Tahun 2024, di Lampung Selatan, Kamis (29/09/2022).

Bawaslu, jelas Karno, memiliki peran strategis dan menjadi kunci atas berlangsungnya pengawas pemilu yang berintegritas. Ia berharap Bawaslu Lamsel bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat secara luas mengenai pentingnya peran serta masyarakat dalam mengawal setiap momentum pesta demokrasi.

“Ini sebagai bentuk tanggungjawab Bawaslu untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam pengetahuan kepemiluan,” ujar Karno Ahmad Satarya

Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi mengatakan, dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 pentingnya partisipasi dan inisiatif masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu. Hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraannya.

“Untuk mewujudkan itu semua, Bawaslu membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis,” kata Hendra.

Pria berkacamata ini menambahkan, pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Bawaslu dengan 25 Organisasi mahasiswa, masyarakat, dan kepemudaan di Lamsel telah sepakat melakukan perjanjian kerjasama tentang Pengawasan Partisipatif Pemilu,” pungkas Hendra. (rls/tim/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved