logo pembaruan
list

Unila Umumkan Pendaftaran Seleksi Mandiri, Ini Tahapannya

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kembali tahapan penerimaan mahasiswa baru. Tahapan tersebut yaitu Seleksi Mandiri Unila (Simanila) tahun 2024.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila 2024, Suripto Dwi Yuwono mengatakan, dalam SIMANILA ini diturunkan kedalam beberapa jalur yaitu Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasional, Kerjasama dan PSDKU Afirmasi PMPAP/3T, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

Menurut Suripto, seleksi mandiri ujian tulis merupakan seleksi calon mahasiswa baru yang penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Unila, melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Ia melanjutkan, untuk program kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila, ditujukan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan program sarjana berdaya saing secara internasional.

“Jalur ini merupakan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan S1 Program Studi Bahasa Lampung,” kata dia, Jumat (31/05/2024).

Sementara, tambah Suripto, program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Lampung Tengah, dalam rangka memperluas akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi Masyarakat di wilayah Kabupaten.

Ia menambahkan, untuk jalur Afirmasi PMPAP / 3T, merupakan program perluasan aksesibilitas bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu/miskin tapi berkemampuan secara akademik yang berasal dari sekolah SMA/MA/SMK sederajat di Provinsi Lampung dan berdomisili di Provinsi Lampung.

Lalu, lanjut dia, untuk jalur Prestasi Khusus merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMA sederajat atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan sastra dan keagamaan.

“Kemudian untuk studi lanjut merupakan jalur bagi yang ingin melanjutkan Studi di Universitas Lampung, khususnya bagi lulusan vokasi (D3) untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana Strata 1 (S1) di Universitas Lampung,” ujarnya.

Suripto menjelaskan untuk jadwal pendaftaran 10 Juni – 28 Juni 2024, kemudian pendaftaran khusus PMPAP/3T 10 Juni – 17 Juni 2024. Verifikasi berkas dan wawancara 8 – 10 Juli 2024.

Pelaksanaan UTBK 8 – 10 Juli 2024, pengumuman 16 Juli 2024, masa unduh sertifikat nilai UTBK 16 – 20 Juli, masa sanggah 15 – 20 Juli, penentuan UKT dan proses registrasi 16 Juli – 12 Agustus.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung ini juga menjelaskan, pada tahun 2024 akan menerima mahasiswa baru untuk SIMANILA UNILA 2024 sebanyak 1.858 Mahasiswa atau sebesar 18,93 persen dari total kuota mahasiswa baru Unila 2024, yang tersebar di 79 Program Studi Diploma dan Sarjana pada 8 Fakultas.

“Peserta yang dinyatakan lulus wajib membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT), terkecuali untuk Jalur Afirmasi PMPAP dibebaskan dari Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT),” ungkapnya.

Pada prinsipnya kata Suripto, Universitas Lampung akan melakukan seleksi mandiri ini secara ketat dalam proses sedari awal hingga akhir.

“Untuk nilai itu peserta bisa dilihat pada saat sudah mengklik selesai pada saat UTBK. Jadi sistem mandiri Unila mereka bisa melihat nilai akademiknya. Nanti kita sampaikan kepada masyarakat bahwa tidak mungkin nilai dibawahnya akan lulus,” tutupnya. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved