logo pembaruan
list

UKM Fotografi Zoom Unila Gelar Pameran Fotografi Bertema “Cahaya Lensa Ramadan”

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Zoom Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar kegiatan pajang karya bulanan dengan tema “Cahaya Lensa Ramadan”. Kegiatan ini berlangsung di depan Gedung Graha Kemahasiswaan Unila, sejak Selasa hingga Kamis, 2-4 April 2024.

Ketua UKM Fotografi Zoom Unila, Imam Darmawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang fotografi. Selain itu, pajang karya bulanan ini juga menjadi ajang merayakan bulan Ramadan melalui pameran fotografi edisi khusus.

“Kegiatan ini diawali dengan hunting foto selama enam hari, dilanjutkan dengan proses kurasi selama dua hari untuk menentukan karya foto terbaik dan layak untuk dipajang,” kata Imam.

Hunting foto edisi Ramadan ini dilaksanakan pada 25-30 Maret 2024. Tim UKM Fotografi Zoom Unila memilih empat tempat sebagai tujuan utama, yaitu Pasar Rebo, Mall Ciplaz, Masjid Agung Al-Furqon, dan Pasar Bambu Kuning, Bandar Lampung.

Imam menambahkan, tema “Cahaya Lensa Ramadan” dipilih untuk mengangkat filosofi human interest, di mana bulan Ramadan erat kaitannya dengan hubungan antarmanusia, serta berbagai kegiatan masyarakat dalam melaksanakan ibadah di bulan suci.

Pajang karya bulanan ini dilakukan secara offline dengan menampilkan berbagai hasil fotografi yang telah dikurasi. Para mahasiswa yang berkunjung berkesempatan memberikan vote sebagai bentuk dukungan dan apresiasi bagi karya fotografi yang ditampilkan. Jumlah vote tersebut akan dikumpulkan untuk menentukan karya fotografi favorit mahasiswa.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi kesempatan yang baik bagi UKM Fotografi Zoom Unila untuk memperkenalkan seni fotografi kepada mahasiswa, melatih kemampuan anggota UKM dalam bidang fotografi, sekaligus menjadi ajang dalam merayakan bulan Ramadan,” ujar Imam.

Selain pameran, UKM Fotografi Zoom Unila juga mengadakan workshop fotografi dengan tema “Teknik Fotografi Jurnalistik” pada hari Rabu, 3 April 2024. Workshop ini menghadirkan narasumber profesional dari media massa Lampung.

Kegiatan pajang karya dan workshop fotografi ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa Unila dalam bidang fotografi, serta menghasilkan karya-karya fotografi yang berkualitas dan inspiratif. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved