logo pembaruan
list

Disaksikan Pejabat Pemkab, 4651 Mahasiswa UIN RIL Ikuti Pembekalan KKN

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Sebelum melakukan pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 4651 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Raden Intan Lampung mengikuti pembekalan, Senin (05/06/2023).

Agenda yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN RIL itu berlangsung hingga Rabu 7 Juni 2023 di tiga lokasi Ballroom, GSG, dan GSG Fakultas Syariah.

4651 mahasiswa tersebut merupakan peserta KKN Reguler yang berasal dari enam fakultas UIN RIL dan akan tersebar di empat kabupaten yaitu Pesawaran, Lampung Selatan, Way Kanan, dan Mesuji.

Di hari pertama, para peserta dibekali oleh pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lokasi KKN terkait, diantaranya Kepala Bappelitbapda Kab Mesuji Abu Rosid Istomi MSi, Kepala Badan Kesbangpol Kab Pesawaran Syukur SAg MM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab Way Kanan Indra Zakariya Rayusman MH dan Kabid Sarpras Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Sri Widiyarto.


Tak hanya itu, materi disambung di siang harinya oleh dosen internal UIN RIL tentang Sosialisasi dan Pendampingan Halal. Pada hari kedua dan ketiga, para peserta dipecah dan diberi paparan sesuai dengan kelompok kecamatannya masing-masing.

Selama KKN berlangsung, para peserta akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pembekalan DPL sebelumnya sudah dilakukan pada 30-31 Mei lalu menghadirkan narasumber yaitu Daniel Asnur Skom MM (Pengawas Koperasi Ahli Utama Kementerian Koperasi dan UKM RI) dan Dr Agus Afandi (Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Surabaya).

Wakil Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof Dr H Alamsyah MAg berharap pada KKN ini mampu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan mengingatkan untuk selalu menjaga nama baik almamater dan terus melakukan kreativitas dan inovasi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Dr H A Kumedi Jafar SAg MH menuturkan, tujuan dari pembekalan ini yaitu untuk memberikan wawasan pengetahuan dan bekal terkait pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian ekonomi dan lingkungan berkelanjutan dan juga berkaitan dengan metodologi pengabdian khususnya Participatory Action Research (PAR).


“Kami berharap, output atau keluaran dari KKN, para mahasiswa nantinya dapat menghasilkan sebuah buku atau artikel sebagai wujud pengabdian berbasis riset,” harap Ketua LP2M.

Prof Kumedi melaporkan, selain KKN reguler yang akan diberangkatkan pada 10 Juli – 23 Agustus 2023 itu, tahun ini terdapat 3 skema pelaksanaan KKN lainnya. “Total 4687 mahasiswa yang berasal dari 6 fakultas UIN RIL untuk seluruh skema,” ujarnya.

Tiga skema pelaksanaan KKN tersebut yakni KKN Internasional yang diikuti 21 orang yang akan ditempatkan di tiga negara, yakni Malaysia, Brunei, dan Thailand yang akan berlangsung pada 03-23 Juli 2023.

KKN Moderasi Beragama diikuti 5 orang berlangsung pada 11 Juli 2023 – 26 Agustus 2023 yang akan dipusatkan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Serta KKN Melayu Serumpun diikuti 10 mahasiswa yang dipusatkan di IAIN Metro akan dilaksanakan pada Pertengahan Juli 2023. (An/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved