list

Besok, Gubernur Arinal Buka Lampung Craft 2023

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, direncanakan membuka pameran kerajinan (Lampung Craft) 2023, di Graha Wangsa Bumi Waras Bandarlampung, Selasa (06/06/2023).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Ketua Mamiyani Fahrizal, Sekretaris Dekranasda Rusdiyana Adi, Ketua Panitia Syamsurizal dan panitia, Senin (5/6), telah melakukan geladi resik di Graha Wangsa.

Riana Sari Arinal menjelaskan, pelaksanaan Lampung Craft 2023 tahun ke-4 ini akan berlangsung pada 6-10 Juni 2023.

Riana Sari istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengharapkan pelaksanaan Lampung Craft tahun keempat ini lebih berkualitas. Beberapa item atau materi acara yang ditampilkan juga berkualitas. Ini terlihat dari beberapa stand yang ada ada stand kain Lampung Lawas, ada Wastra Lampung Kini dan Nanti serta kerajinan dari berbagai daerah di Lampung.


Riana Sari juga berharap pameran dalam Lampung Craft 2023 juga menggambarkan kiprah Dekranasda sehingga capaian-capaian Dekranasda, pencapaian perajin bisa tergambarkan dalam kegiatan ini.

Sebagai Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari juga mengharapkan agar Tapis Lampung terus dikembangkan. Riana menuturkan, Dekranasda selalu bekerja sama dengan desainer-desainer nasional. Karena akan ada banyak keuntungan dengan melibatkan mereka.

Kebanyakan pengrajin, menurut Riana, hanya bisa membuat. Sedangkan bagaimana kain ini mempunyai nilai lebih itu ada di tangan desainer. “Oleh karena itu kami menghadirkan Oskar Lawalata di Lampung Craft kedua dan Poppy Karim di Lampung Craft ketiga. Dan di tahun keempat ini akan ada Didiet Maulana,” ujar Riana Sari.

“Dan desainer nasional itu sudah memiliki banyak konsumen ditambah follower instaragm mereka sudah ratusan ribu. Jadi saat mereka memakai tapis, saat mereka promosikan Madu Aro, akan banyak sekali yang pesan.” katanya.


“Semoga dalam penyelenggaran Lampung Craft 2023 ini akan lebih meningkat lagi promosi dan penjualannya. Karena kebetulan pula berbarengan dengan acara Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN), acara nasional yang dipusatkan di Lampung,” ujar Riana Sari istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Syamsurizal Ari menyampaikan, Stand Lampung Craft 2023 sebanyak 44 unit. Lampung Craft pameran kerajinan Lampung dan Wastra Lampung berlangsung dari tanggal 6-10 Juni 2023.

Syamsurizal menjelaskan, Lampung Craft 2023 dengan Icon Kabupaten Lampung Tengah. Selama kegiatan berlangsung dari hari pertama sampai terakhir akan diisi dengan berbagai kegiatan.

Pada hari pertama, akan ada Musik (Musisi Anak Muda Lampung/ambyar). Ada Talkshow dengan Didit Maulana (Desainer). Kemudian ada Talkshow dari Bank Indonesia dan Budayawan yang pesertanya mahasiswa.


Lalu pada hari kedua, ada pemutaran Film Kulak Kukut dan Dialog Budaya. Talkshow QRIS dan Fashion Show Didit Maulana.

Ada juga penampilan Dekranasda Tubaba, penampilan Dekranasda Tulangbawang. Yang tak kalah menarik ada fashion show Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional Tema “Mulai dari Desa” yang diisi oleh Dinas PMDT.

Kemudian ada fashion show para Camat dan Kepala Kampung dari Lampung Tengah. Ada juga flexing produk lokal, fashion Show Tapis Lampung, demo Tapis, Fun Games dan IG Live dari Ketua Dekranasda Lampung. (rls/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved