uin ril
list

UIN RIL Siap Dukung Gerakan Keluarga Maslahat PWNU Lampung

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) bersama enam perguruan tinggi lainnya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung. Penandatanganan dilakukan pada Rabu (25/01/2023) di Grand Ballroom Hotel Grand Mercure Bandar Lampung.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. H Wan Jamaluddin Z, MAg, PhD, serta enam pimpinan perguruan tinggi lainnya turut meneken naskah MoU, menunjukkan dukungan aktif dalam implementasi Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

Penandatanganan ini dilakukan secara serentak dalam rangka mewujudkan keluarga maslahat Indonesia dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ribuan nahdliyin turut menyaksikan momen penandatanganan ini, yang diadakan bersamaan dengan pelantikan PWNU Lampung masa khidmat 2023-2028 dan peluncuran GKMNU Lampung.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, H Kamaruddin Amin, Wakil Ketua Umum PBNU, KH Amin Said Husni, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, dan sejumlah pejabat lainnya.

Menteri Agama yang diwakili oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, menyampaikan fokus utama GKMNU pada pemenuhan kebutuhan lahir dan batin keluarga. Dalam sambutannya, Kamaruddin menekankan bahwa GKMNU harus memperhatikan keluarga yang memenuhi kebutuhan primer secara lahiriyah dan batin.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyambut baik GKMNU, sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Lampung untuk keluarga sejahtera, sehat, terdidik, moderat, dan cinta lingkungan.

GKMNU adalah gerakan pengabdian Nahdlatul Ulama untuk masyarakat di tingkat desa. Gerakan ini bertujuan untuk membina keluarga sebagai teladan, memiliki anak berkualitas, menjaga lingkungan, dan mencapai kecukupan rezeki.

Dengan enam goals keluarga maslahat, GKMNU akan berfokus pada pencegahan stunting anak, bimbingan keluarga sakinah, pemberdayaan ekonomi keluarga, kesehatan gizi, dan program lainnya yang menunjang keluarga Indonesia. Satgas Nasional GKMNU diketuai oleh Menteri Agama RI, Dr. (HC) KH. Yaqut Cholil Qoumas, dan akan beroperasi di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved