logo pembaruan
list

UIN Raden Intan Lampung Terus Lanjutkan Prestasi sebagai Universitas Berkelanjutan Terbaik di Indonesia

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menegaskan komitmennya untuk tetap meraih peringkat pertama sebagai universitas berkelanjutan terbaik di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam Rapat Kerja (Raker) UIN RIL 2024 di Ballroom kampus, yang mengusung tema “UIN Raden Intan Lampung Bertumbuh dan Mendunia”.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL), Suci Wulan Pawhestri MSi, menjelaskan berbagai langkah nyata yang telah dilakukan untuk mencapai target tersebut.

“Saat ini, kami telah melakukan peningkatan pengelolaan lingkungan dengan mengacu pada enam indikator utama, yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, serta education and research. UIN Raden Intan Lampung telah mencatat peningkatan skor selama 4 tahun terakhir,” ungkapnya.

Program-program lingkungan berkelanjutan yang telah dilaksanakan meliputi penggunaan solar panel sebagai energi terbarukan, pembuatan tower air untuk pemanenan air hujan, filtrasi limbah air masjid sebelum dialirkan ke embung, daur ulang air, penghematan listrik, dan berbagai langkah lainnya.

Suci juga menyampaikan bahwa UIN RIL akan aktif mengikuti agenda UI GreenMetric, baik tingkat nasional maupun internasional, yang akan memberikan manfaat bagi pengembangan kampus menjadi hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Agenda tersebut meliputi berbagai kegiatan seperti pertemuan pemimpin mahasiswa nasional dan internasional tentang keberlanjutan, program pelayanan masyarakat, lokakarya nasional di setiap negara, serta upacara penghargaan dan penghargaan untuk peringkat universitas dunia UI GreenMetric 2024.

Dalam mengakhiri paparannya, Suci menekankan pentingnya kerja sama dalam menjalankan program-program lingkungan berkelanjutan untuk memastikan UIN Raden Intan Lampung tetap menjadi yang terbaik di Indonesia. “Mari kita laksanakan secara bersama-sama untuk mewujudkan visi kami dalam menjaga lingkungan dan meraih prestasi yang lebih baik,” tutupnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved