list

UIN Lampung Luaskan Mitra dengan National Dong Hwa University Taiwan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus berupaya meluaskan jaringan mitra dengan perguruan tinggi luar negeri dalam mendukung visi internasionalisasi kampus.

Kali ini, giliran President of National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan, Han-Chieh Chao PhD, yang hadir sebagai visiting lecturer dan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD, di Ruang Teater Gedung Akademik dan Riset Center, Senin (20/03/2023). 

Berbarengan dengan penandatanganan MoU tersebut, dilakukan juga penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Direktur Pasca Sarjana dan Dekan seluruh fakultas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama tersebut mencakup pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang pertukaran informasi dan materi yang menjadi kepentingan bersama, kunjungan, publikasi atau riset bersama antara fakultas dan staf, pertukaran mahasiswa dan peneliti.

Rektor Prof Wan Jamaluddin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah dalam menjadikan kampus UIN RIL Go International, “Kita tidak lagi hanya berwawasan nasional tapi juga harus memiliki wawasan global, bukan hanya wawasan tapi juga harus bereputasi Internasional,” tegasnya.

Rektor juga berharap hal ini dapat memperkokoh pondasi kampus yang terus ditingkatkan untuk menumbuhkan budaya akademik yang kuat. 

“Dengan berakhirnya acara ini, harus ada kesinambungan berkala untuk karya-karya lanjutan selanjutnya di masa mendatang yang dikemas dengan justifikasi akademik,” ucapnya.

Sementara itu Mr Chao, yang akrab disapa Mr Jos, selain sepakat melakukan kerjasama dengan UIN Raden Intan Lampung, di kesempatan itu juga dia mengenalkan National Dong Hwa University kepada seratus mahasiswa UIN RIL yang hadir dalam kegiatan visiting lecture.

NDHU merupakan universitas riset nasional yang berlokasi di Hualien Taiwan yang didirikan pada tahun 1994 dan universitas paling bergengsi berdasarkan World Rankings: THE, QS, RUR World, dan US News.

Dia menuturkan meskipun masih terbilang kampus yang muda, mereka berusaha untuk terus menjadi lebih baik seperti halnya kampus hijau UIN Raden Intan Lampung yang indah. “Although we are young, we make some effort to make it better, similar to UIN Raden Intan Lampung, we consider beautiful campus in Taiwan,” katanya.

Kemudian, beberapa program kerjasama juga dia sebutkan diantaranya, exchange program, dual degree program, study abroad program, dan articulation program yang disambut dengan tanya jawab para mahasiswa yang antusias pada program-program tersebut. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved