logo pembaruan
list

Warek III Support Mahasiswa Cerdas di Bidang Non Akademik

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila), Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., menyatakan dukungan penuh terhadap giat UKM-PIK R Raya untuk mendorong mahasiswa cerdas di bidang non akademik.

Hal tersebut ditegaskan Warek III Unila itu dalam sambutannya pada Grand Final ajang Pemilihan Duta Genre Unila tahun 2023 dengan tema ”Glory of Genre”, di Gedung Dewan Kesenian Lampung (DKL), Minggu (19/03/2023).

“Saya apresiasi UKM-PIK R Raya sebagai pelaksana, yang sudah berjuang dengan penuh semangat hingga kegiatan tersebut terlaksana dengan baik,” kata dia.

Duta Genre merupakan gelar bagi seseorang yang menjadi perwakilan dalam pencanangan program GenRe (Generasi Berencana).

Program ini, lanjut dia, merupakan program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga yang terencana bagi remaja/mahasiswa sehingga jenjang pendidikan, karier, dan merencanakan pernikahan dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Bagi mahasiswa peserta yang lolos pada ajang grand final ini, sudah saatnya kalian menunjukkan bahwa kalian tidak hanya cerdas di bidang akademik, tapi juga cerdas dan tangkas dalam bidang non akademik,” tututrnya.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa terus menjadi motivasi bagi pengurus UKM PIK-R Raya untuk terus melaksanakan dan menorehkan prestasi tingkat nasional maupun tingkat internasional di Unila.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan Abdul Kholiq melaporkan, Program Duta Genre adalah program unggulan yang ada di UKM PIK-R Raya Unila khususnya pada bidang life skills. Melalui kegiatan ini, Unila telah menghasilkan banyak juara tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Senada dengan yang lain, Sub Koordinator Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Bunda Apsari Melati Prameswari, S.Psi mengatakan, tujuan diadakannya untuk dapat mensosialisasikan program pemerintah di kalangan mahasiswa.

Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan dapat mengambil pengetahuan, sikap, serta tindakan positif dalam tujuan pengembangan diri.

“Program ini dikembangkan dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga dan remaja melalui pemahaman pendewasaan usia perkawinan” pungkasnya.

Rangkaian pelaksanaan Duta GenRe Unila sudah dimulai sejak tanggal 9 Februari – 9 Maret tahun 2023, dimana terdapat 59 orang jumlah pendaftar dan 4 tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes tertulis, tes wawancara, dan deep interview. Setelah melalui proses tahapan tersebut terpilih 21 peserta yang lolos dan mengikuti tahap seleksi akhir di grand final. (tim)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved