logo pembaruan
list

PSR ke-33 se-Sumatera dan Jawa, UIN RIL Jadi Tuan Rumah

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Raden Imba Kesuma Ratu dan Putri Sinar Alam bersama Gugus Depan (Gudep) 09-029 dan 09-030 kembali menggelar Perkemahan Songsong Ramadhan (PSR) ke-33, kali ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL).

Dengan total 556 peserta, terdiri dari 241 penegak putra, 291 penegak putri, dan 18 pandega, PSR tahun ini mengusung tema “Spirit Moderasi Beragama dalam Menyongsong Bulan Suci Ramadhan”.

Acara pembukaan diwarnai dengan semangat tinggi, ditandai dengan pemukulan bedug oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Lampung, Dr Senen Mustakim SSos MSi, yang mewakili Gubernur Lampung, serta Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, selaku Rektor dan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gudep) 09-020 dan 09-030.

Prof Wan Jamaluddin menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan PSR yang telah memasuki tahun ke-33. Ia mengajak seluruh peserta untuk menjalani setiap kegiatan dengan dedikasi tinggi, menciptakan dampak positif bagi diri sendiri, sesama anggota pramuka, dan pangkalan.

“Saya harapkan anggota pramuka tidak hanya terampil dalam keterampilan khusus, tetapi juga mampu bersosialisasi dengan baik. Jadilah generasi yang menunjukkan akhlak terpuji,” pesan Rektor kepada para peserta.

Dr Senen juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, menyatakan bahwa PSR bertujuan untuk menyambut bulan fitrah dengan meningkatkan iman, ketakwaan, dan mempererat tali silaturahmi antar anggota pramuka di wilayah Sumatera Jawa.

PSR ke-33 ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari 27 Februari hingga 2 Maret 2024, dengan serangkaian kegiatan termasuk giat umum, prestasi, materi, bakti, penunjang, rutin, keagamaan, dan studi wisata.

Dalam rangka mendukung semangat moderasi beragama, UIN RIL menyertakan materi moderasi beragama dalam beberapa kegiatan yang dilakukan selama PSR ini. Hal ini sejalan dengan penghargaan yang pernah diterima UIN RIL sebagai perguruan tinggi yang paling responsif dalam penguatan moderasi beragama. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved