logo pembaruan
list

Masuk Top Ten PTKIN Versi UniRank, UIN RIL Pilihan Terbaik UM-PTKIN 2023

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali masuk sepuluh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik versi lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank. UIN Raden Intan Lampung menempati peringkat 4 PTKIN terbaik. 

Tingkat Universitas Islam, UIN Raden Intan berada di peringkat ke 27 Universitas Islam terbaik di dunia dan peringkat ke 8 Universitas Islam terbaik di Indonesia. 

Dengan perolehan rekognisi dunia internasional tersebut,  Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof Dr H Alamsyah MAg menghimbau kepada siswa/siswi menengah atas sederajat yang hendak melanjutkan studinya agar menjadikan PTKIN sebagai pilihan atau rujukan, terutama UIN Raden Intan Lampung.

Saat ini, terkait penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Intan membuka pola seleksi Ujian Masuk (UM-PTKIN) melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan secara serentak di 58 PTKIN yang  tersebar di Indonesia.

“Kami memiliki beragam program studi yang bisa dipilih oleh siswa/siswi menengah atas sederajat  yang ingin melanjutkan studi di UIN RIL,” ungkapnya.

Selain itu, Prof Alam juga menambahkan bahwa UIN Raden Intan Lampung adalah kampus islami yang berwawasan lingkungan dan memiliki beragam prestasi serta menyediakan berbagai fasilitas dan beasiswa yang dapat dinikmati oleh para mahasiswa di UIN RIL.

“Jadi tunggu apalagi, Ayo Kuliah di UIN RIL! Pendaftaran UM-PTKIN hingga 15 Mei 2023,” tandasnya.

Sebagai informasi, lembaga UniRank melakukan penilaian dengan beberapa kriteria, antara lain perguruan tinggi telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor), serta perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format tatap muka maupun jarak jauh atau online.


Lembaga pemeringkatan universitas internasional yang berbasis di Sydney, Australia ini menggunakan penilaian berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen. Lima website ini adalah Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

Berikut sepuluh PTKIN yang masuk 10 universitas terbaik versi UniRank 2023 – kategori Top Islamic Universities in the world –

1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (peringkat 17),
2. UIN Sunan Ampel Surabaya (peringkat 20),
3. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (peringkat 23),
4. UIN Raden Intan Lampung (peringkat 27),
5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (peringkat 35),
6. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (peringkat 36),
7. UIN Sunan Gunung Djati (peringkat 42),
8. UIN Sultan Syarif Kasim Riau (peringkat 45),
9. UIN Ar-Raniry (peringkat 54), serta
10. UIN Sumatera Utara (peringkat 60). (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved