logo pembaruan
list

Lemhanas RI Gelar Talkshow Kebangsaan, Tingkatkan Kapasitas SDM

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan Talkshow Kebangsaan dengan mengusung tema ‘Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam rangka Menyongsong Indonesia Emas 2045’, Senin (03/06/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan di Studio 1 TVRI Lampung ini, menghadirkan tiga pembicara, yaitu Deputi Kebangsaan RI Mayjen TNI Rido Hermawan, Sekretaris Daerah Lampung, Fahrizal Darminto, dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Unila, Dr Rudi Natamiharja.

Deputi Kebangsaan Lemhanas RI Rido Hermawan menyampaikan, kegiatan ini sangat penting mengingat Presiden RI Joko Widodo menyebut bahwa kita akan menghadapi generasi emas tahun 2045.

Menurut Rido para pelaku generasi emas tahun 2045 adalah generasi anak muda saat ini. Oleh karena itu, harus disiapkan proses mereka menuju Indonesia emas.

“Salah satu yang paling mendasar untuk disiapkan adalah membentuk karakter bangsa anak muda saat ini,” kata dia, saat bertemu awak media.

Ia menyebutkan Talk Show hari ini menjadi penting untuk memberikan kesadaran kepada para pemuda bahwa kita semua adalah bangsa yang mempertaruhkan nasibnya ke tangan generasi yang akan datang. Artinya, mau tidak mau atau suka tidak suka, kita harus siap.

“Pemantapan nilai kebangsaan itu adalah program nasional, mengapa demikian karena kita memiliki suatu proyeksi ke depan menuju Indonesia emas. Oleh karena itu, generasi muda tidak boleh abai terhadap bangsanya sendiri dan hari ini memang kita temanya adalah bagaimana membangun sumber daya manusia berkarakter,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengapresiasi kegiatan talk show Wawasan Kebangsaan tersebut. Menurutnya, mencetak generasi yang berkarakter menuju Indonesia emas 2045 merupakan bagian dari tugas pemerintah daerah juga.

“Peran pemerintah juga sangat vital dalam memperkuat wawasan kebangsaan yakni dengan cara memperkuat kerukunan umat beragama, dan bidang-bidang lainnya seperti pendidikan dan kesehatan serta pariwisata, agar dirasakan sampai ke pelosok desa,” ucapnya. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved