logo pembaruan
list

Penyelenggaraan Haji Tahun 2024, Terbaik dalam Sejarah

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung, yang dipimpin oleh Dr. H Puji Raharjo, memastikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini telah mencapai standar tertinggi dalam sejarah pelaksanaannya.

Hal tersebut ditegaskan, Dr Puji saat menerima audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung di ruang kerjanya, Senin (20/05/2024).

“Alhamdulillah, penyelenggaraan haji di tahun ini terbaik sepanjang sejarah,” kata dia.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan meminimalisir masalah.

“Ya, berbagai potensi masalah yang mungkin timbul telah berhasil diminimalisir,” ujarnya.

Hal yang paling mencolok, lanjut dia, pihaknya memberikan perlakuan istimewa terhadap jamaah berkebutuhan khusus dan ansia dengan memberikan fasilitas VIP di penerbangan dan angkutan lainnya.

“Kami layani mereka yang berkebutuhan khusus dengan memberikan fasilitas VIP dalam penerbangan mereka,” tuturnya.

Langkah ini, rambah dia, menunjukkan komitmen penuh untuk memastikan pengalaman haji yang nyaman dan aman bagi semua jamaah.

Sementara, untuk kuota haji, ia menegaskan kecil kemungkinan akan ada penambahan.

“Sampai saat ini belum terlihat hilalnya. Sepertinya tidak ada penambahan kuota haji untuk tahun 2024,” ujarnya.

Keputusan ini menegaskan fokus pada kualitas penyelenggaraan haji daripada kuantitas, dengan memastikan setiap jamaah mendapatkan pelayanan terbaik yang layak mereka terima.

Dengan demikian, Kanwil Kemenag Lampung menetapkan standar baru dalam penyelenggaraan ibadah haji, menjadikan tahun 2024 sebagai tonggak sejarah dalam perjalanan ibadah haji di Indonesia.

Diketahui, Kementrian Agama RI memastikan bus layanan jamaah haji didesain ramah lansia.

Bus ramah lansia didesain dengan deck rendah sehingga memudahkan jamaah lansia dan disabilitas naik ke dalam bus. Pintu bus juga dilengkapi deck yang mudah dilewati kursi roda.

“Bus Shalawat disabilitas sudah disiapkan, ada sekitar 20 bus shalawat dan lansia. Bus dilengkapi dengan deck yang bisa dilewati kursi roda. Sehingga, ini memudahkan lansia dan disabilitas untuk mengakses masuk bus. Ini kemajuan dari pelayanan,” kata Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas. (***/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved