list

Idiologi Pancasila ; Solusi Merawat Keberagaman

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Penguatan pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi solusi merawat keberagaman menjadi satu kekuatan. Untuk itu Idiologi Pancasila harus benar-benar tertanam di sanubari setiap warga negara.

Hal tersebut ditegaskan Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPRD Provinsi Lampung, Noverisman Subing saat sosialisasi Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di Batanghari Nuban, Lampung Timur, belum lama ini.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Lampung itu, Pancasila harus terus disosialisasikan dan ditanamkan dalam sanubari masyarakat secara turun menurun sebagai ideologi bangsa.

“Pancasila sangat ideal sebagai bekal dan inspirasi, terutama dalam membangun generasi bangsa menghadapi berbagai ancaman seperti intoleransi, radikalisme dan terorisme,” kata pria yang akrab disapa Kanjeng itu.

Menurut Kanjeng, orang yang masih terpapar ideologi terorisme itu sebenarnya bagian dari orang-orang yang tidak merdeka dalam berpikir.

“Seperti yang kita lihat di Suriah, di Irak, peradaban-peradaban besar manusia hancur karena pikiran yang tidak merdeka sehingga mereka saling meneror,” tuturnya.

Karenanya, lanjut Kanjeng, Ideologi Pancasila harus dijaga. Tidak hanya sebagai idiologi tapi sebagai warisan para founding father bangsa.

“Lebih dari sekedar idiologi, Pamcasila harus terus disosialisasikan sebagai warisan para founding father bangsa ini,” pungkasnya. (tim/red/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved