logo pembaruan
list

Tak Ada Kader Golkar di Pilwakot, Arinal Pasrah

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Jelang gelaran Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bandarlampung 2024, belum ada satupun kader Partai Golkar yang mendaftar penjaringan sebagai bakal calon Walikota maupun wakil Walikota.

Padahal, DPP Partai Golkar telah mengeluarkan surat tugas, kepada tiga orang kader Golkar sebagai bakal calon Walikota Bandarlampung.

Ketiga nama tersebut yakni mantan Bupati Lampung Selatan sekaligus DPR RI terpilih dari Dapil Lampung 1, Rycko Menoza. Kemudian, Ketua DPD Partai Golkar Bandarlampung sekaligus Anggota DPRD Bandarlampung, Yuhadi dan Anggota DPRD Provinsi Lampung, Azwar Yacub.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi menyebut pihaknya siap bersinergi dan berkoalisi dengan partai lain menuju Pilwakot Bandarlampung pada 27 November 2024 mendatang.

Namun kata Arinal, Calon Walikota yang hendak di Usung Partai Golkar haruslah memiliki kemampuan memimpin yang baik.

“Kami siap bersinergi dengan partai lain, tapi yang jadi permasalahan calonnya profesinal atau tidak, kemampuan untuk menjadi pemempin,” ujar Arinal seusai menjalani Fit And Proper Tes, di PDIP Lampung, Minggu (19/05/2024).

Terkait belum adanya kader partai Golkar yang masuk bursa Pilwakot Bandarlampung, Arinal menyebut hal itu merupakan hak dari masing-masing kader. Ia mengatakan Partai Golkar tidak memaksa kadernya untuk maju Pilkada Serentak 2024 nanti.

“Itulah profesionalnya Golkar, tidak memaksa, tapi tumbuh dengan sendirinya. Mereka belum mendaftar karena mereka menyadari, tapi saya tau di antara mereka siapa saja orang-orangnya, kecuali yang membelot dari saya,” kata dia.

Disinggung soal peluang kader Golkar dipinang sebagai Calon Wakil pada Pilwakot Bandarlampung, Arinal menyerahkan sepenuhnya kepada kader yang dimaksud.

“Jangan tanya ke saya, tanya yang bersangkutan,” kata Arinal.

Sementara, Ketua DPD Partai Golkar kota Bandar Lampung, Yuhadi enggan mengomentari hal tersebut.

“Nanti saja lah itu,” kata Yuhadi yang juga mendampingi Arinal.

Ikuti Fit And Proper Tes di PDIP Lampung

Sementara, Arinal sendiri menjalani Fit And Proper Tes di PDI Perjuangan sebagai bakal calon Gubernur Lampung, Minggu (19/05/2024).

Seusai menjalani fit and proper test, Arinal mengaku dirinya banyak mendapat pertanyaan berbobot dari tim penjaringan PDIP. Dan hal itu menurutnya memerlukan proses untuk menjawab.

Meski begitu, Arinal menyebut suasana fit and proper tes terhadap dirinya berlangsung hangat dan harmonis. Pertanyaan-pertanyaan itu seputar visi misi. Ia mengatakan akan teruskan visi misi di dalam 33 janji kerja.

Menurut Arinal, pembangunan Provinsi Lampung tidak lepas dari peran pemerintah, swasta, dan masyarakat. Tetapi pemerintah di dalamnya juga ada parpol, dan partai politik ini lah yang menentukan.

Petahana Gubernur Lampung ini mengatakan, memiliki hubungan yang baik dengan berbagai partai, termasuk dengan PDI Perjuangan.

“Saya tidak pernah ada konflik dengan partai politik manapun termasuk saudara saya dari PDI Perjuangan,” tuturnya.

Untuk sosok wakil katanya, dirinya belum dapat berbicara banyak. “Kita hari ini berbicara soal pendaftaran, untuk wagub kita bicara nanti,” tutupnya.

Sementara Sekretaris tim penjaringan bakal calon kepala daerah PDI Perjuangan Lampung Apriliati mengatakan, sesuai dengan mekanisme yang ada, penjaringan dilakukan dari 22 April sampai dengan 20 Mei 2024.

“Jadi besok 20 Mei itu hari terakhir pendaftaran sekaligus hari terakhir fit and propertest,” jelasnya. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved