list

Kominfo Tegaskan Server Sirekap KPU Berada di Indonesia

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluruskan informasi terkait server atau penyimpanan data yang digunakan Alibaba Cloud untuk layanan Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Server yang digunakan KPU untuk Sirekap Pemilu 2024 berada di Indonesia,” tegas Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, dalam acara Ngopi Bareng di Kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (15/3).

Penegasan ini menjawab kekhawatiran terkait lokasi penyimpanan data Sirekap yang sebelumnya dikabarkan berada di luar negeri, seperti China, Singapura, dan Prancis.

Semuel menjelaskan bahwa meskipun Alibaba Cloud merupakan perusahaan global, server yang mereka gunakan untuk KPU berada di Indonesia. “IP addressnya bisa dari mana saja, tapi servernya ada di Indonesia,” ujar Semuel.

Sebelumnya, pada Februari 2024, KPU telah membantah tudingan data Sirekap berada di luar negeri. Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos menegaskan bahwa seluruh server penyimpanan data Sirekap terletak di Indonesia.

“Lokasi penyimpanan data seluruhnya berada di Indonesia. Tidak ada data yang disimpan di entitas negara lain,” kata Betty di kantornya pada 19 Februari.

Lebih lanjut, Semuel menegaskan bahwa penggunaan layanan cloud pihak ketiga seperti Alibaba Cloud diperbolehkan untuk lembaga pemerintahan, asalkan semua aplikasi dan datanya berada di Indonesia.

“Persyaratan utamanya, semua aplikasi dan data pemerintah itu harus ada di Indonesia. Tidak dibatasi siapa penyedianya, pokoknya harus di Indonesia dan keamanannya sudah pasti dicek,” tandas Semuel. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved