Lebaran Idul Fitri 2024 Berapa Hari Lagi Catat Tanggalnya!
list

Lebaran Idul Fitri 2024 Berapa Hari Lagi? Catat Tanggalnya!

Facebook
Twitter
WhatsApp

Lebaran Idul Fitri, hari kemenangan umat Islam setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tentu menjadi momen yang dinantikan. Pasti kamu sudah mulai bertanya-tanya, “Lebaran Idul Fitri 2024 jatuh pada tanggal berapa, ya?” dan “Lebaran Idul Fitri 2024 tinggal berapa hari lagi, sih?” Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Perlu kamu ketahui, penetapan resmi tanggal Lebaran Idul Fitri di Indonesia dilakukan melalui sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Sidang isbat ini biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Ramadhan untuk melihat hilal atau bulan sabit penanda awal bulan Syawal.

Namun, biasanya organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sudah terlebih dahulu memperkirakan kapan Lebaran Idul Fitri jatuh berdasarkan metode hisab yang mereka gunakan. Nah, kira-kira kapan, ya, prediksi Lebaran di tahun 2024 menurut kedua organisasi Islam tersebut?

Perkiraan Tanggal Lebaran Idul Fitri 2024 Menurut NU dan Muhammadiyah

Berdasarkan kalender Hijriyah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, perkiraan awal bulan Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Nah, NU dan Muhammadiyah pun memiliki prediksi yang tidak jauh berbeda.

  • NU menggunakan metode hisab rukyat yang memadukan perhitungan astronomi dengan pengamatan hilal secara langsung. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum mengumumkan secara resmi kapan 1 Syawal 1445 Hijriyah atau Lebaran Idul Fitri 2024 jatuh. Biasanya, PBNU akan mengumumkan hasil hisab rukyat mereka setelah sidang isbat Kemenag.

  • Muhammadiyah menetapkan awal bulan berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal yang didasarkan pada posisi hilal secara astronomis. Sudah sejak awal, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Dengan demikian, Lebaran tahun ini menurut Muhammadiyah jatuh pada tanggal tersebut.

Jadi, Lebaran Idul Fitri 2024 Tanggal Berapa?

Meskipun NU dan Muhammadiyah sudah memiliki prediksi tersendiri, penetapan resmi tanggal Lebaran Idul Fitri 2024 di Indonesia tetap menunggu keputusan sidang isbat Kemenag RI. Sidang isbat ini biasanya digelar pada 29 Ramadhan atau sehari menjelang Lebaran.

Keputusan sidang isbat didasarkan pada laporan hilal dari seluruh wilayah Indonesia. Jika hilal terlihat oleh para petugas pemantau, maka 1 Syawal 1445 Hijriyah atau Lebaran Idul Fitri 2024 akan ditetapkan jatuh pada keesokan harinya. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka sidang isbat akan menetapkan 1 Ramadhan ditambah menjadi 30 hari dan Lebaran Idul Fitri 2024 akan dirayakan sehari setelahnya.

Persiapan Menyambut Lebaran

Meskipun tanggal pasti Lebaran Idul Fitri 2024 belum diumumkan secara resmi, kamu sudah bisa mulai mempersiapkan diri untuk menyambut hari kemenangan ini. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Memperbanyak Ibadah: Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Manfaatkan sisa waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah seperti sholat tarawih, tadarus Al-Qur’an, berdoa, berzakat, dan berderma.
  • Silaturahmi: Lebaran Idul Fitri adalah momen untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, sahabat, dan tetangga. Kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk bersilaturahmi dengan cara membuat daftar orang yang akan dikunjungi atau menyiapkan bingkisan lebaran.
  • Merencanakan Mudik: Bagi kamu yang berencana mudik Lebaran, segera rencanakan perjalanan dan pesan tiket transportasi jauh-jauh hari. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket dan lonjakan harga.
  • Menyiapkan Hidangan Lebaran: Lebaran identik dengan hidangan khas seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan kue kering. Kamu bisa mulai mencari resep dan menyiapkan bahan-bahan masakan untuk hidangan Lebaran.
  • Menata Rumah: Lebaran identik dengan tamu yang datang berkunjung. Manfaatkan waktu untuk membersihkan dan menata rumah agar terlihat bersih dan nyaman saat Lebaran nanti.

Menyambut Lebaran Idul Fitri 2024 dengan Penuh Kebahagiaan

Lebaran Idul Fitri 2024 tinggal menghitung hari. Perasaan bahagia dan antusias tentu menyelimuti hati kita semua. Momen ini adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, menjalin silaturahmi, dan saling memaafkan.

Lebaran Idul Fitri 2024

Agar Lebaran Idul Fitri 2024 terasa lebih istimewa, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Membuat Rencana Lebaran: Susunlah rencana kegiatan yang ingin kamu lakukan selama Lebaran, mulai dari silaturahmi, mudik, hingga berlibur. Hal ini dapat membantumu untuk memanfaatkan waktu Lebaran dengan maksimal.
  • Berbagi Kebahagiaan: Lebaran adalah momen yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. Kamu bisa berbagi rezeki dengan memberikan zakat, fitrah, dan bingkisan lebaran kepada orang-orang yang membutuhkan.
  • Menjaga Tradisi Lebaran: Lebaran identik dengan berbagai tradisi, seperti memakai baju baru, sholat Ied, dan bermaaf-maafan. Lakukan tradisi-tradisi ini dengan penuh rasa sukacita dan kekeluargaan.
  • Menyebarkan Kebaikan: Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menyebarkan kebaikan dan menebar kasih sayang. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif, seperti membantu tetangga, membersihkan lingkungan, dan melakukan kegiatan sosial lainnya.

Lebaran adalah momen spesial untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih. Manfaatkan waktu ini untuk mempererat tali silaturahmi, menjalin kasih sayang, dan saling memaafkan. Mari sambut Lebaran Idul Fitri 2024 dengan penuh kebahagiaan dan sukacita!

Tips Menjaga Kesehatan Saat Lebaran

Lebaran identik dengan berbagai hidangan lezat dan momen berkumpul bersama keluarga. Namun, di balik kebahagiaan ini, perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan saat Lebaran:

  • Makan dengan Sehat: Hindari makan berlebihan dan pilihlah makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  • Minum Air Putih yang Cukup: Pastikan kamu minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi, terutama saat cuaca panas.
  • Istirahat yang Cukup: Lebaran bisa menjadi waktu yang melelahkan karena banyaknya aktivitas. Pastikan kamu istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit dan prima.
  • Olahraga Teratur: Meskipun Lebaran identik dengan kumpul-kumpul, jangan lupa untuk tetap berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan: Meskipun kasus COVID-19 sudah menurun, tetaplah menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat menikmati hari raya Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan dan kesehatan. Semoga Lebaran tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua!

Penutup

Lebaran Idul Fitri adalah momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga, menjalin kasih sayang, dan saling memaafkan. Mari sambut Lebaran dengan penuh kebahagiaan dan sukacita!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved