logo pembaruan
list

Tobas Ajak Wartawan Jadi Agen Sosialisasi Empat Pilar

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Taufik Basari (Tobas) mengajak wartawan Lampung agar menjadi agen sosialisasi empat pilar. Sebab, kata dia, peran wartawan sangat dibutuhkan dalam percepatan informasi kepada masyarakat.

“Ini penting. Wartawan sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi juga harus ikut menjadi agen merawat dan menyampaikan pentingnya empat pilar kebangsaan,” kata Anggota DPR RI asal Dapil Lampung I itu, saat sosialisasi empat pilar atas kerjasama MPR RI dan PWI Lampung di Radisson Hotel, Jumat (02/09/2022).

Kita, lajut Tobas, sedang hidup di satu rumah besar yang namanya Indonesia. Rumah besar ini jika kita tarik ke belakang,  berdiri sejak 17 Agustus 1945. Dulu kita sudah hidup bersama dalam kepulauan nusantara yang  penuh dengan keberagaman. Kita pernah dijajah oleh penjajah-penjajah asing di mana sumber daya alam kita dieksploitasi.

“Sampai suatu saat para pendiri bangsa kita ini punya kesadaran bahwa setiap manusia itu punya hak untuk merdeka, setiap manusia itu punya hak untuk mengatur dirinya sendiri secara bersama-sama. Maka dari itu muncullah kesadaran berbangsa untuk kemudian kita berpikir kita harus mendirikan suatu negara yang namanya adalah Indonesia,” tuturnya.

Indonesia yang beragam ini, jelas dia, tentu harus ada pilar yang kuat sebagai pemersatu, pelindung yang melindungi hak-hak warganya juga yang menjadi dasar pegangan berbangsa dan bernegara. Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 itu menjadi penting, karena bukan saja sebagai dasar filosofi, tetapi juga Point offline.

“Kita coba sepakat bahwa dengan dengan karakteristik bangsa kita seperti ini maka kita ingin menjalankan kehidupan sehari-hari dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Lampung yang juga narasumber dalam sosialisasi tersebut mengatakan, wartawan tidak hanya dituntut untuk memahami kode etik jurnalistik dan Undang-undang (UU) Pers. Tapi juga terkait empat pilar MPR RI.

“Dalam perjalanannya, wartawan tidak hanya dituntut untuk memahami kode etik dan UU Pers. Empat Pilar MPR RI juga harus dipahami. Karena, pers ini sebagai pilar ke empat dalam berbangsa dan bernegara,” kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi empat pilar adalah agenda MPR RI yang dilaksanakan bekerjasama dengan PWI Lampung. Selain PWI, KNPI dan IKWI juga ikut sebagai peserta dalam sosialisasi tersebut. (red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved