logo pembaruan
list

Fokus Tingkatkan SDM, PWI Lampung Kembali Gelar UKW

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Jumat-Sabtu (5-6/05/2023).

42 peserta dipastikan akan ikut UKW yang terbagi dalam tujuh kelas, dengan rincian satu kelas Tingkat Utama dengan jumlah enam orang, satu kelas Tingkat Madya berjumlah enam orang dan Tingkat Muda 30 orang.

Dalam rapat persiapan UKW yang digelar di kantor PWI Lampung, Selasa (2/5/2023), ada tujuh orang yang akan jadi penguji, yaitu Iskandar Zulkarnain, Supriyadi Alfian, Nizwar dan Andi Panjaitan. Sementara 3 penguji lainnya berasal dari PWI Pusat.

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah mengatakan, UKW adalah kegiatan rutin untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan. Maka kegiatan ini harus dipersiapkan secara matang oleh panitia.

“Kita tetap mengoptimalkan kegiatan-kegiatan untuk mengupgrade kualitas SDM wartawan. Jadi sekarang kita tidak hanya fokus kuantitas tapi kualitas,” kata Wirahadikusumah.

Wira menyatakan, saat ini dunia kewartawanan sedang menghadapi kemajuan teknologi yang sangat cepat. Ia mencontohkan kecerdasan buatan (AI) yang semakin banyak digunakan, seperti presenter AI yang kini menggantikan peran manusia.

“Ini yang sedang terjadi di dunia jurnalistik dan harus kita sikapi bersama. Kalau kita tidak cepat melakukan perubahan, profesi wartawan akan terancam dan digantikan AI,” ujarnya bagi para peserta rapat.


Untuk itu PWI Lampung juga akan menggelar workshop jurnalistik. Workshop ini, kata dia, sebagai sarana menambah ilmu bagi jurnalis di Lampung sekaligus sebagai seleksi bagi calon anggota PWI.

Menurut Wira, wartawan yang ingin menjadi anggota PWI harus diseleksi. Harus punya SDM yang baik dan punya rasa cinta pada organisasi.

“Jadi nggak boleh lagi asal masuk jadi anggota PWI. Jangan sampai ada yang masuk hanya untuk mendapat keuntungan atau perlindungan dari PWI, tapi tidak mau menjaga marwah organisasi. Sekarang yang namanya menjaga marwah harus benar-benar dilakukan bukan hanya perkataan,” bebernya.

Ketua PWI Lampung berpesan agar seluruh panitia bekerja optimal dan tetap kompak untuk menyukseskan UKW pada 5-6 Mei mendatang. Terlebih pada bulan Agustus mendatang PWI Lampung akan kembali menggelar UKW.

Diketahui, UKW yang digelar disupport penuh oleh Pemprov Lampung dan PT. PHE OSES. (tim/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved