logo pembaruan
list

Dendi Dianugrahi Penghargaan Abyakta Anugerah Kebudayaan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima penghargaan Abyakta Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di GSG Pemprov Sumatera Utara (Sumut), Kamis (09/02/2023).

Penyerahan trofy dilakukan Ketua Umum PWI Atal S Depari disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, dan Dubes. Hadir juga Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia dan pimpinan serta awak pers se Indonesia.

Trofi Abyakta merupakan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat yang diberikan kepada kepala daerah yang konsen dalam pelestarian dan mengangkat kebudayaan serta kearifan daerah.

Bupati dua periode itu mengusung tema “Sulam Jelujur: Dari Pesawaran untuk Mancanegara”. Tema ini selaras dengan tujuan membudayakan dan memasarkan Sulam Jelujur sekaligus sebagai pintu masuk mengenalkan pariwisata Kabupaten Pesawaran kepada dunia internasional.

Selain Dendi, terdapat sembilan bupati dan wali kota yang menerima trofi Abyakta. Antara lain Wali Kota Medan Bobby Nasution, Bupati Malang Muhammad Sanusi, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan.

Lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Bupati Kuningan Acep Purnama, Bupati Agam Andri Warman, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, dan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik.

Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2023. “Atas nama rakyat, atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat hari pers kepada insan pers. Terimakasih kepada pers nasional atas kontribusinya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden.

Kepala Negara mengungkapkan dirinya memiliki kedekatan terhadap pers. Ia pun mengakui berkat dukungan insan pers pula dirinya dapat menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia.

“Sejak menjadi walikota Solo, gubernur DKI Jakarta, Presiden saya turun dengan rekan-rekan wartawan dan terbukti insan pers membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi Presiden,” kata Jokowi.

Ia pun menyadari bila dunia pers sedang tidak baik-baik saja. Dimana 60% belanja iklan diambil media digital platform asing. Oleh sebab itu, Presiden meminta Kementerian Kominfo beserta stakeholder untuk segera menyelesaikan draft Perpres tentang Sustainibility Pers.

“Satu bulan ini harus selesai perpres ini jangan sampai lebih dari satu bulan,” tegas Presiden.

Sementara terkait penghargaan, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bila penghargaan ini berkat Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah yang merupakan wujud representif dari seluruh anggota PWI Lampung. “Terimakasih sudah menilai kami peduli terhadap budaya. Semoga menjadi motivasi kami untuk terus menjaga dan melestarikan budaya Lampung, khususnya Pesawaran,” ujar Dendi. (tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved