logo pembaruan
list

Belum Juga Ada Tersangka, Kasus KONI Mencuat Lagi

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Sejak mencuat ke publik. Penanganan kasus KONI Lampung tak kunjung menemui titik terang. Sempat mandeg, kini Kejati Lampung kembali memeriksa sembilan saksi.

Dua hari terahir, 19-20 September 2022, sembilan saksi yang diperiksa merupakan unsur pengurus dan bendahara Cabang Olahraga, serta Satgas pada KONI Lampung.

Kasi Penkum Kejati Lampung, I Made Agus A menurutkan, Selasa 20 September 2022, Tim Penyidik Pidsus Kejati Lampung kembali melakukan pemeriksaan terhadap empat orang saksi terkait dengan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Penyalahgunaan Dana Hibah KONI tahun anggaran 2020, dimana sebelumnya pada Senin 19 September 2022 juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi.

Kesembilannya antara lain HP, CK, MYI, TB, JM, SP dan PHM selaku para anggota satuan tugas pada Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Lampung.

Serta terhadap ACD, yang diperiksa selaku pengurus Cabor Forki pada KONI Provinsi Lampung, dan VCW yang menjalani pemeriksaan sebagai saksi selaku Bendahara Cabor Kick Boxing.

Diketahui terhadap penanganan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Lampung ini sendiri, Korps Adhyaksa telah melakukan penyelidikannya sejak 2021 lalu, dan resmi dinyatakan naik ke tahap penyidikan pada 12 Januari 2022 kemarin.

Dimana dalam penanganannya, Kejati Lampung telah menemukan indikasi adanya pelanggaran dalam program kerja pada penggunaan anggarannya yang tidak sesuai dengan peraturan.

Yang pada 2019 lalu dari anggaran Rp29 miliar yang diterima, KONI Lampung menganggarkannya untuk kegiatan pembinaan prestasi, anggaran partisipasi, dan anggaran sekretariatan.

Dan diduga dalam pemanfaatannya, dilakukan dengan secara asal-asalan, sehingga didapati adanya penyimpangan diantaranya pada kegiatan Program Kerja KONI dan Cabor, serta di pengadaan barang dan jasa. (rls/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved