logo pembaruan
list

UIN Raden Intan Lampung Memperkuat Internasionalisasi dengan Kedatangan Guru Besar dari Yaman

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus mengambil langkah berani dalam mewujudkan visi internasionalisasi kampus. Salah satu langkah terbaru adalah mengundang seorang Guru Besar Ilmu Hadis dari Universitas Sewun Hadromaut Yaman, Prof Dr Habib Alwi bin Hamid bin Syihab, untuk memberikan visiting lecture di kampus tersebut.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah (FS) dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN RIL, puluhan dosen dan mahasiswa berkumpul di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center untuk mendengarkan paparan Prof Habib Alwi. Materi yang dibahas adalah “Peran Hadis dalam Studi Islam Kontemporer”.

Prof Habib Alwi menyoroti pentingnya pemahaman yang tepat terhadap hadis-hadis Rasulullah SAW, menegaskan bahwa pemahaman yang salah dapat menjadi sumber perpecahan dalam umat Islam. Dia juga memperingatkan tentang maraknya hadis palsu atau maudhu’ yang beredar saat ini, yang menuntut para pengkaji hadis untuk turut serta dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

“Dalam berinteraksi antar sesama muslim, sikap moderat dan toleran harus diutamakan, didasarkan pada ilmu pengetahuan,” ujar Prof Habib Alwi. Dia menekankan pentingnya dialog untuk menjembatani perbedaan pemahaman antar umat Islam, namun dengan tetap mengikuti batasan-batasan syariat Islam.

Selain memberikan paparan, Prof Habib Alwi juga mengundang para peserta untuk melanjutkan studi di lembaga binaannya, Darul Hadis di Hadromaut Yaman.

Kehadiran Prof Habib Alwi disambut baik oleh Wakil Rektor I, Prof Dr H Alamsyah MAg, yang mengenalkan kampus dan prestasi UIN Raden Intan Lampung sebagai universitas Islam terbaik ke-3 versi Webometric. Prof Alamsyah juga menekankan bahwa Indonesia sebagai negara yang mengedepankan moderasi beragama.

Kegiatan ini menandai langkah penting UIN Raden Intan Lampung dalam memperkuat kualitas akademiknya dan memperluas jaringan internasionalnya untuk mendukung pembangunan ilmu pengetahuan Islam yang berkualitas. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved