logo pembaruan
list

Unila Berperan Dalam Membangun Ketahanan Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., memaparkan peran Unila dalam membangun ketahanan nasional pada kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) PPRA LXVI Tahun 2024 Lemhannas RI, Rabu (15/05/2024) di ruang sidang utama rektorat setempat.

Dengan judul “Intangible & Contemporary Asset (Karakter Nasionalis, Religius & Berintegritas): Sebuah Tinjauan Reflektif, Peran Unila dalam Membangun Ketahanan Nasional”, Prof. Lusmeilia menyampaikan upaya Unila dalam pembentukan karakter mahasiswanya.

Unila berkomitmen dalam pembentukan karakter nasionalis, religius, dan berintegritas diri mahasiswa. Kekuatan nasionalis religius sebagai modal historis panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia selalu disampaikan dalam berbagai kegiatan di kampus.

Implementasi pembentukan karakter di Unila dimulai dari seleksi mahasiswa yang sangat kompetitif dan fair, kuliah umum tentang bela negara, radikalisme, serta kajian keagamaan. Selanjutnya, proses perkuliahan selama delapan semester melibatkan mata kuliah wajib universitas (MKWU), partisipasi MBKM, dan kegiatan mahasiswa.

Unila juga menggagas kegiatan yang meningkatkan jiwa nasionalisme dan persatuan seperti Kirab Bendera Merah Putih. Kegiatan ini melibatkan 2.500 mahasiswa yang berkeliling kampus mengibarkan 2.000 meter bendera Indonesia.

“Ini adalah salah satu bentuk kebersamaan dan cara membentuk mahasiswa kita untuk cinta tanah air selain kegiatan workshop, mengundang beberapa narasumber. Ini merupakan pencerminan Unila tentang pentingnya kesatuan,” jelasnya.

Pembentukan karakter dan semangat membangun ketahanan nasional tertuang dalam tagline Unila #BeStrong yang diterjemahkan menjadi delapan program kerja rektor. Ini dilengkapi dengan pembangunan laboratorium karakter untuk mahasiswa, kerja sama pentahelix, memfasilitasi kegiatan keagamaan di lingkungan kampus, dan praktik terbaik lainnya.

Prof. Lusmeilia menyatakan, kunjungan rombongan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Unila. Kegiatan ini memberikan semangat kebersamaan dan kolaborasi antara bidang pendidikan dan ketahanan nasional.

Saat menutup sesinya, ia menegaskan, Unila akan bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dan pihak lainnya dalam pembentukan karakter mahasiswa Unila lebih baik lagi. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved