list

Hari Pertama, 111 Peserta UNBK Unila Gugur

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Tidak hadir dalam pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang diselenggarakan Universitas Lampung (Unila), 111 peserta dinyatakan gugur.

Koordinator Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Fitra Dharma, Senin (08/05/2023) mengatakan, seluruh peserta yang gagal tersebut, lantaran tidak hadir dan tanpa konfirmasi saat tes tertulis dilaksanakan. 

“Di hari pertama ada dua sesi, pagi yang tidak hadir 52 orang dan sesi siang 59 orang. Kalau alasannya kami tidak tahu, tetapi yang jelas ini otomatis gugur,” kata Fitra.

Total peserta UTBK Unila pada tahun ini, lanjut dia, sebanyak 16.530 peserta, naik 3,6 persen dari tahun sebelumnya yaitu 15.962 peserta. 

“Dalam pelaksanaan UTBK ini akan dibagi kedalam dua sesi perhari dengan jumlah 750 peserta persesinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fitra menyampaikan pelaksanaan UTBK pada gelombang pertama berjalan dengan lancar. 

“Kita melakukan pengecekan salah satunya adalah dengan metal detector untuk mengurangi kecurangan, dan mencegah seperti peserta yang pakai kamera,” jelasnya. 

Guna memperlancar UTBK pada tahun ini, pihak Unila menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kelancaran seleksi. Seperti pengamanan, pusat informasi, dan penyediaan fasilitas kesehatan. 


Sementara itu, untuk peserta UTBK yang memiliki kebutuhan khusus, pihak panitia telah menyiapkan ruangan untuk para peserta.

“Untuk disabilitas ada satu orang dan itu disiapkan ruangan khusus untuk mempermudah aksesnya,” imbuh Fitra Darma. 

Fitra juga menerangkan, UTBK tahun 2023 gelombang pertama akan dilaksanakan selama 7 hari, mulai dari tanggal 8-14 Mei 2023 di lima tempat yang berbeda.

Tempatnya di UPT TIK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA dan UPT Pusat Bahasa,” pungkasnya.

Sementara, Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., melakukan monitoring pelaksanaan ujian yang berlangsung di UPT TIK Unila dan beberapa ruangan di fakultas.

Ketua pelaksana penerimaan mahasiswa baru Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., yang juga Wakil Rektor 1 Unila, sejak pagi hari mengendalikan langsung pelaksanaan SNBT Unila. 


UTBK-SNBT Tahun 2023 gelombang pertama selama 7 hari, mulai dari tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 di 5 tempat yang berbeda, yaitu di UPT TIK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, dan UPT Pusat Bahasa.

Sementara Pelaksanaan SNBT Gelombang kedua akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023. Pelaksanaan 2 gelombang UTBK-SNBT ini membutuhkan 53 orang penanggung jawab lokasi dan 411 orang pengawas ruangan.

Selama pelaksanaan UTBK-SNBT, UNILA telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kelancaran seleksi, seperti pengamanan, pusat informasi, dan penyediaan fasilitas kesehatan. (rls/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved