logo pembaruan
list

Buka Ories 2022, Rektor IIB Darmajaya: Selamat Datang Mahasiswa Pilihan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID– Kegiatan Orientasi Studi (Ories) mahasiswa baru bertujuan untuk mengenalkan dan menyatukan berbagai elemen yang ada di kampus. Menjadi mahasiswa, maka kita akan diuji bagaimana menjadi orang yang bertindak sesuai dengan perkataannya.

“Selamat datang di Kampus The Best, 1.029 mahasiswa baru. Ini awal kita berjumpa, kalian adalah orang pilihan. Saya berharap kita kembali bertemu saat kalian di wisuda sekitar kurang lebih empat tahun ke depan,” kata Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah, YA., M.B.A., M.Sc., saat penyematan mahasiswa baru, dalam pembukaan Ories, Selasa (20/9/2022).

Menurut Firmansyah, menjadi mahasiswa berarti kita dituntut untuk bertanggung jawab, mandiri, dan banyak memiliki referensi untuk kemampuan akademis maupun non-akademis bagi diri kita. “Apalagi sebagai Kampus The Best yang memiliki kalian semua harus menjadi mahasiswa yang bertakwa, belajar ikhlas, memiliki empati, brilliant, energetic, mampu bersinergi dengan semua yang ada di kampus maupun trustworthy atau menjadi mahasiswa yang dapat dipercaya,” kata dia.

Firmansyah juga mengatakan IIB Darmajaya senantiasa menjunjung tinggi kualitas sebagai tradisi. Kualitas Sumber Daya Manusia, kualitas layanan, kualitas konten, kualitas proses pendidikan serta kualitas unsur pendidikan yang lainnya.

Hal itu bisa kami buktikan dengan dua kali berturut-turut IIB Darmajaya menerima penghargaan terbanyak dari LLDikti wilayah II dan Institut Swasta Terbaik di Sumatra serta Institut Swasta nomor 2 di Indonesia berdasarkan pemeringkatan webometrics Juli 2022. “IIB Darmajaya secara keseluruhan, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Pendidikan Tinggi Swasta berada di peringkat 88 dari lebih dari 4000-an Perguruan Tinggi di Indonesia. Bahkan, kampus ini banyak mengirim wakil Lampung di tingkat nasional. Baik di Pomnas di Padang maupun di Peksiminas di Malang,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Yayasan Alfian Husin dr. Lyza M Rozalinda Alfian mengatakan pihaknya berharap di tahun-tahun mendatang, semua aktivitas baik dan berkualitas yang telah dilakukan oleh IIB Darmajaya akan terus dilakukan dan ditingkatkan. “Sehingga, pada gilirannya nanti Provinsi Lampung akan menjadi salah satu provinsi yang menelurkan generasi muda cerdas dan berkualitas. Sehingga, daya saing Provinsi Lampung akan meningkat dan berdiri sama tinggi dengan provinsi lainnya di Indonesia dan di luar negeri,” kata dr. Lyza.

Bahkan, dia berharap ke depan IIB Darmajaya dapat menjadi kampus swasta terbaik di Sumatera dan masuk jajaran 50 besar kampus terbaik di Indonesia. “Hal itu bukan tidak mungkin, mengingat saat ini, IIB Darmajaya telah memiliki class international dan sudah menjadi wadah bagi mahasiswa asing, baik dari Asia, Eropa, dan Afrika untuk menuntut ilmu di Kampus The Best ini,” kata dia.

Bahkan, IIB Darmajaya pun sudah melahirkan banyak sarjana strata dua (S-2) dari mahasiswa asing, seperti dari Thailand dan Kenya. Bahkan, bulan lalu, mahasiswa pascasarjana dari India baru saja menyelesaikan pendidikannya. “Dan, dalam waktu dekat mahasiswa Strata Satu (S-1) dari Madagaskar dan Uganda, juga akan menjadi alumni dari kampus kebanggan masyarakat Lampung ini,” kata dia.

Usai pembukaan, peserta Ories mendapatkan materi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung dengan narasumber Ari Kurniawan, S.Si., M.A. Kemudian, peserta mendapatkan pengenalan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pengenalan sistem akademik, dan learning management system. (rls/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved